Cara Menanam Bayam Merah Organik Yang Memiliki Banyak Manfaat Dengan Mudah

Posted on

Cara Menanam Budidaya Bayam Merah Organik Yang Memiliki Banyak Manfaat Dengan Mudah

Bayam (Amaranthus) adalah jenis tumbuhan yang ditanam untuk diambil daunnya sebagai sayuran. Tanaman sayur ini berasal dari daerah tropik Amerika tapi sekarang sudah banyak tersebar di seluruh dunia. Tanaman ini terkenal akan kandungan zat besi yang tinggi.Bayam memiliki batang berair dan agak berkayu, daun bertangkai dengan bentuk bulat telur berwarna hijau dan merah. Bayam merah memang belum terlalu umum dikonsumsi oleh masyarakat, namun jika anda ingin melakukan tanam atau budidaya bayam merah ini kami akan memberikan caranya, anda dapat menanam bayam merah pada lahan ataupun menanam bayam merah dalam polybaga atau pot tanam. Namun kali ini kita akan membahasa tentanf cara menanam bayam merah pada lahan, berikut adalah Langkah selengkapnya:

Cara Budidaya Bayam Merah

a. Syarat Tumbuh
Bayam akan tumbuh dengan baik apabila di tanam di dataran tinggi dengan tanah gembur berunsur hara tinggi, curah hujan sekitar 1500 mm per tahun dengan suhu udara berkisar antara 16°C-20°C, derajat keasaman atau pH tanah sekitar 6-7, ketersediaan air cukup. Tapi perlu diingat bayam harus ditanam pada tempat atau lahan yang tidak terkena angin terlalu kencang karena jika terlalu kencang dapat menyebabkan tanaman roboh atau tumbang.

b. Persiapan Lahan Tanam Bayam Merah
Lahan yang akan digunakan untuk budidaya bayam merah di olah terlebih dahulu. Lakukan penggemburan lahan tanam dengan cara dicangkul ataupun di bajak. Selanjutnya buatlah bedengan-bedengan tanam dengan ukuran sekitar 100 cm – 200 cm untuk lebarnya dan sekitar 30 cm untuk tingginya dan untuk panjangnya dapat disesuaikan dengan panjang lahan tanam.Beri jarak antar bedengan sekitar 30 cm untuk drainase lahan. Jika sudah, lakukan pemupukan dasar secar merata pada bedengan dan tutup tipis dengan tanah kembali.

c. Pembibitan dan Penanamn Bayam Merah
Benih bibit dapat anda peroleh dari bunga tanaman bayam merah, bunga tersebut anda petik kemudian jemur hingga kering, pisahkan kulit dan kotoran yang ada pada benih lalu simpan benih tersebut sebelum ditanam. Bagi anda yang tidak ingin ribet anda dapat membeli benih tersebut di toko pertanian.

Penanaman bayam merah dapat dilakukan secara langsung dengan cara menebarkannya pada bedengan-bedengan yang telah disiapkan. Namun sebelum ditebar, bibit bayam yang berukuran sangat kecil dapat anda campurkan dengan tanah terlebih dahulu. Selain dengan cara tersebut penanaman juga dapat diawali dengan penyemaian terlebih dahulu baru di tanam pada bedengan yang telah disiapkan.

d. Hama dan Penyakit Bayam Merah
Hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman bayam merah antara lain ulat, tungau, kutu daun, lalat dan penyakit busuk daun. Untuk mengatasi hama anda dapat melakukan sanitasi pada lahan, membuang bagian tanaman yang terserang hama tersebut atau bisa juga dengan cera menyemprotkan insektisida yang sesuai dengan dosis yang ditentukan. Untuk mengatasi penyakit yang menyerang tanaman bayam merah anda dapat melakukan pengendalian dengan cara menyemprotkan fungisida yang sesuai dengan dosis dan ketentuan.

e. Pemanenan Bayam Merah
Pemanenan bayam merah dapat dilakukan dengan cara mencabut atau memetik batang dan daun mudanya. Anda tinggal memilih mana yang paling mudah menurut anda.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Bayam Merah Organik Yang Memiliki Banyak Manfaat Dengan Mudah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa