Cara Menanam Belimbing Dewi Dalam Pot (Tabulampot Belimbing Dewi) Agar Cepat Berbuah Lebat

Posted on

Cara Menanam Belimbing Dewi Dalam Pot (Tabulampot Belimbing Dewi) Agar Cepat Berbuah Lebat – Belimbing (Averrhoa carambola) atau Star fruit adalah salah satu tanaman buah tropis yang memiliki bentuk khas, tanaman ini berasal dari Sri Langka, India dan Indonesia. Buah belimbing mengandung banyak air, memiliki warna kehijauan dan ada yang kuning, apabila buah di potong maka akan terlihat penampang melintangnya seperti bentuk bintang. Rasa buahnya manis dengan sedikit asam, biji pada buah berwarna hitam atau coklat.

Ada banyak verietas jenis belimbing, salah satunya yaitu belimbing dewi. Belimbing dewi adalah varietas unggulan dari tanaman belimbing. Keunggulan varietas belimbing dewi yaitu bentuk buahnya proporsional, memiliki kulit yang mengkilap, dan berwarna kuning jingga. Setiap buah belimbing dewi berukuran sekitar 10-15 cm dengan bobot rata-rata sekitar 200-250 gram.

Jika anda ingin membudidayakan belimbing dewi ini tapi tidak memiliki lahan yang luas, anda dapat menanam belimbing dewi dalam pot atau tabulampot belimbing dewi, berikut selengkapnya:

Cara Menanam Belimbing Dewi Dalam Pot atau Tabulampot Belimbing Dewi

Pemilihan Bibit Belimbing Dewi yang Berkualitas

Perbanyakan bibit belimbing dewi dapat dilakukan melalui biji, cangkok dan okulasi. Disarankan gunakan bibit dari hasil okulasi atau cangkok, karena pembuahannya akan lebih cepat dibanding dihasilkan dari biji. Namun jika tidak ingin repot anda dapat membeli bibit belimbing dewi siap tanam di toko tanaman bibit. Pilihlah bibit belimbing dewi yang sehat dan bebas dari hama dan penyakit, berdaun hijau sehat tidak layu atau kering, memiliki batang yang kokoh tidak kering dan kurus serta rindang dahannya.

Persiapan Tempat dan Media Tanam Belimbing Dewi

Siapkan pot tanam berukuran besar dengan lubang pembuangan air atau sistem drainase dibawahnya berdiameter lebih dari 60cm, atau ukuran p[ot dapat disesuaikan dengan ukuran bibit belimbing dewi yang akan ditanam.

Siapkan pula media tanam berupa campuran tanah dan kompos/pupuk kandang yang telah difermentasi dengan perbandingan 1:1. Campurkan kedianya hingga meraya lalu jemur terlebih dahulu selama sekitar 3-5 hari guna mematikan bakteri yang akan menyebabkan penyakit tanaman belimbing dewi.

Penanaman Belimbing Dewi dalam Pot

Jika semuanya sudah siap, segera lakukan penanaman. Lepaskan polybag pada bibit belimbing dewi dengan hati-hati agar todak merusak media dan perakarannya. Letakkan bibit ditengah pot dengan posisi tegak lalu masukkan media tanam yang telah disiapkan, ratakan dan sedikit padatkan lalu lakukan penyiraman secukupnya.

Perawatan dan Pemeliharaah Tanaman Belimbing Dewi dalam Pot

Lakukan penyiraman secara rutin sebanyak 1-2 kali sehari yaitu pada pagiatau sore hari. Lakukan penyiangan pada gulma, daun kering atau tanaman pengganggu lainnya yang ada disekitar tanaman dalam pot.

Agar nutrisi yang dibutuhkan tanaman belimbing dewi terpenuhi, lakukan pemupukan. Pemupukan tersebut dilakukan dengan menggunakan pupuk organik cair yang diberikan dengan cara dikocor yang diberikan secara rutin setiap 1 bulan sekali.

Jika tanaman terserang hama atau penyakit, segera lakukan penanganan dengan memberikan pestisida yang sesuai dan dengan dosis yang sesuai pula.

Biasanya belimbing dewi tabulampot akan berbuah setelah berumur 1-2 tahun, untuk mempercepat pertumbuhan bunga dan buah belimbing dewi ini maka perlu diberikan hoemon perangsang buah secara rutin setiap 7-10 hari sekali.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Menanam Belimbing Dewi Dalam Pot (Tabulampot Belimbing Dewi) Agar Cepat Berbuah Lebat “, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa