Cara Menanam Buah Plum Dalam Pot (Tabulampot) Di Indonesia Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam Buah Plum Dalam Pot (Tabulampot) Di Indonesia Bagi Pemula – Plum atau Prem adalah nama pohon dan buah bagian dari genus Prunus, subgenus Prunus. Plum berasal dari China. Plum dibagi menjadi tiga kelompok, yaitu Eropa-Asia, Jepang dan juga Damson. China adalah penghasil plum yang utama dan pertama, setelah itu disusul negara Amerika Serikat, Serbia dan juga Rumania. Penghasil plum di Amerika adalah California.

Bentuk buah plum ini bulat, dengan diameter berukuran sekitar 3 cm. Buah plum yang muda berwarna hijau, sedangkan buah plum yang tua berwarna coklat kehitaman. Hal ini ditandai dengan buahnya yang agak lunak jika dipencet. Dalam daging buah plum bertekstur lembut dan juga terdapat beberapa biji yang berbentuk bulat pipih dengan jumlah bisa mencapai 5-7 biji perbuahnya. Buah plum dataran rendah ini akan tumbuh lebih subur dan juga lebat jika ditanam di tanah. Tanaman buah plum yang ditanam di tanah kelihatan rimbun, bongsor, serta dompolan buahnya lebih banyak serta rapat seperti buah anggur.

Klasifikasi Buah Plum
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Rosales
Famili: Rosaceae
Subfamili: Maloideae or Spiraeoideae
Genus: Prunus
Subgenus: Prunus

Buah plum mengandung banyak kandungan gizi diantaranya yaitu mineral (fluor, fosfor, magnesium, zat besi, kalsium dan seng.), vitamin (A, C, B1, B2, B3, K, E dan B6), asam askorbat, asam folat, serat tinggi, rendah kalori, tidak ada lemak jenuh, kaya akan antioksidan.

Dengan kandungan tersebut, maka buah plum memiliki banyak manfaat. Adapun manfaat buah plum diantaranya yaitu mencegah radikal bebas, menghentikan luka akibat radikal bebas, membantu diet untuk menurunkan obesitas, menjaga kesehatan tulang, membantu dalam sistem pencernaan, dan lain sebagainya.

Buah plum dataran rendah cocok dibudidayakan secara komersial sebagai penambah keanekaragaman jenis buah di Indonesia. Jika ditanam dengan cara stek akar bisa digunakan untuk perbanyakan pohon plum ini walaupun menghasilkan bibit baru dengan kuantitas jumlah yang terbatas.

Cara Menanam Buah Plum Dalam Pot

Meski di Indonesia ada dataran tinggi (daerah penghasil buah plum di Indonesia seperti bandung, bogor) , tetap saja bukan iklim subtropis melainkan tropis. Sementara buah plum butuh iklim ekstrem saat akan produksi buah. Jika dilakukan budidaya buah plum di Indonesia, maka kualitas buahnya akan menurun, biasanya ukurannya lebih kecil daripada di negara asalnya serta produktivitasnya pun tak setinggi di negara asalnya.

Cara Tabulampot Buah Plum

Buah plum tidak hanya bisa ditanam di lahan yang luas, buah plum ini juga bisa tumbuh dengan baik dalam pot ataupun polybag. Lakukan penanaman dengan cara mencangkoknya. Hanya dalam kurun waktu sekitar 1-2 bulan pasca cangkok, bibit tanaman buah plum ini siap dipindahkan ke dalam pot. Cara penanaman bibit buah plum dalam pot dilakukan dengan menggunakan media tanam berupa campuran tanah dengan pupuk kotoran hewan ternak, bisa kotoran sapi atau kambing dengan perbandingan 1:1.

Lakukan perawatan berupa pemupukan dan penyiraman. Pemupukan tersebut dilakukan dengan menggunakan pupuk kandang. Sedangkan penyiraman ini bisa dilakukan sehari sekali jika media tanam telah kering. Tabulampot buah plum dataran rendah ini sebaiknya diletakkan pada tempat yang terkena pantulan sinar matahari secara langsung. Dengan begitu, pertumbuhan buah plum akan lebih maksimal.

Penanaman Buah Plum Pada Lahan

Jika tanaman inangnya telah siap, bibit buah plum dapat ditanam. Jika dibudidayakan di lahan, perlu dibuatkan lubang tanam dengan kedalaman 10-15 cm dengan jarak tanam antar bibit buah plum sebaiknya sekitar 3 meter.

Masa Panen Buah Plum

Ketika diameter pohon plum mencapai 5-10 cm, plum sudah mulai berbuah. Buah plum baru benar-benar bisa dipanen ketika plum berusia sekitar 3 tahun.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Menanam Buah Plum Dalam Pot (Tabulampot) Di Indonesia Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa