Cara Menanam Budidaya Blueberry Dalam Pot Agar Cepat Berbuah Lebat

Posted on

Cara Menanam Budidaya Blueberry Dalam Pot Agar Cepat Berbuah Lebat – Blueberry adalah nama buah dari salah satu tanaman yang masih termasuk dalam keluarga Vaccinium dan memiliki nama sub keluarga lebih spesifik yaitu Cyannococcus, berasal dari Amerika Utara dan dapat tumbuh di area sub tropis.

Meskipun sama-sama memiliki rasa buah yang manis, untuk membedakan antara blackberry dan Billberry atau Huckleberry hanya dengan tekstur daging buahnya saja, buah Blueberry masak berdaging putih atau kehijauan sedangkan Billberry atau Huckleberry daging buahnya berwarna ungu. Perbedaan lainnya yaitu buah blueberrry muncul dalam kelompok (cluster) sedangkan billberry hanya memiliki satu buah pada setiap tangkainya.

Buah blueberry memiliki ukuran sekitar 5-16 mm dan bentuk buah yang bulat memiliki mahkota diujung buahnya.

Meskipun tanaman blueberry berasla dari dari Amerika Utara, saat ini tanaman ini sudah banyak dibudidayakan seperti di Australia, New Zealand dan negara-negara Amerika Selatan. Negara bagian Maine, Amerika Serikat merupakan produsen Blueberry terbesar di dunia.

Berdasarkan penelitian terakhir pada Blueberry, kandungan antioxidant polyphenol dan anthocyanin yang kaya mampu mencegah perkembangan kanker, jantung koroner dan stroke.

Klasifikasi ilmiah blueberry
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Ericales
Famili: Ericaceae
Genus: Vaccinium
Seksi: Cyanococcus

Cara Menanam Blueberry Dalam Pot atau Tabulampot Blueberry

Syarat Tumbuh Blueberry

Sebaiknya tempat tanam atau budidaya blueberry terkena sinar matahari secara penuh dan tanah atau media tanam memiliki sistem drainase yang baik. Tanaman blueberry akan tumbuh dengan baik pada tanah yang memiliki pH sekitar 4,5-4,8.

Persiapan Bibit Blueberry

Bibit blueberry dapat diperoleh dengan cara membelinya di toko pertanian atau tanaman. Di Indonesia, harga bibit dan tanaman blueberry cukup mahal.

Cara Menyemai dan Menanam Blueberry Di Pot

Siapkan media semai berupa cocopeat atau tanah non kompos, tanah merah dan tanah berpasir. Pastikan media tanamnya memiliki pH 4-5, karena jika pH lebih dari 5,5 tanaman blueberry tidak dapat tumbuh. Untuk itu, untuk menjaga keasaman media tanam dapat dilakukan penyiraman dengan menggunakan campuran 1 sendok makan cuka (vinegar) ditambah dengan 5 liter air atau dengan menaburkan bubuk kopi di atas media tanam. Persiapan media semai ini dapat dilakukan 3-5 hari sebelum bibit ditanam.

Setelah itu, semai biji blueberry dengan pot kecil atau potongan botol. Normalnya, biji blueberry membutuhkan waktu sekitar 2 minggu untuk berkecambah. Tunggu hingga bibit blueberry mencapai ketinggian sekitar 10 cm hingga 15 cm sebelum dipindahkan ke tempat tanam permanen.

Cara Merawat Blueberry Dalam Pot

Lakukan pemberian air secara teratur agar tanah tetap lembab namun jangan terlalu hingga media tanam jenuh air. Lakukan pula Pemupukan sebanyak dua kali selama masa pertumbuhan dengan dosis sebanyak 2 ons NPK 12-4-8 dengan jarak sekitar 30 cm melingkar dari pangkal batang. 1 ons ammonia sulfate dapat diberikan jika tanaman terlihat menguning.

Pemupukan lanjutan diberikan pada tanaman perlu disesuaikan dengan pertumbuhan ruas daun. Pada tahapan munculnya tunas daun kedua dan ketiga pemupukan NPK 12-4-8 dapat diberikan sebanyak 4 ons. Pada fase kemunculan daun ke 4, 5, 6 dan seterusnya, pupuk diberikan dengan dosis masing-masing 6 ons, 8 ons, dan 10 ons.

Setelah muncul buah, sebaiknya buah langsung di lindungi atau dibungkus mengggunakan jaring nylon agar buah tidak dimakan oleh hama burung.

Masa Panen Blueberry

Untuk mendapatkan Blueberry dengan kualitas yang baik, maka pemanenan buah blueberry dapat dilakukan pada 4-6 hari setelah buah berubah seluruhnya menjadi biru.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Budidaya Blueberry Dalam Pot Agar Cepat Berbuah Lebat“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa