Cara Menanam Budidaya Buah Cermai Di Lahan Perkebunan Agar Sukses Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam Budidaya Buah Cermai Di Lahan Perkebunan Agar Sukses Bagi Pemula – Cermai, ceremai, cereme atau cerme (Phyllanthus acidus) adalah nama sejenis pohon sekaligus buah. Nama lain cermai diantaranya seperti ceureumoe (Aceh), chermai (Mal.), karmay (Ilokano, Fil.), mayom (Thai.) dan lain sebagainya. Dalam bahasa Inggris dinamai Otaheite gooseberry, Malay gooseberry dan beberapa sebutan lainnya.

Klasifikasi Cermai
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Malpighiales
Famili: Phyllanthaceae
Bangsa: Phyllantheae
Subbangsa: Flueggeinae
Genus: Phyllanthus
Spesies: Phyllanthus acidus

Pohon cermai perdu atau pohon kecil dengan ketinggian hanya mencapai 9 m, bercabang rendah dan renggang. Daun tunggal, bundar telur dengan ujung runcing, berukuran panjang sekitar 2-7 cm dan tersusun di rantingnya seperti daun majemuk menyirip.

Bunga cermai berkelamin tunggal atau ganda, merah, berbilangan 4 serta tersusun dalam malai hingga 12 cm. Buah ceremai batu, bulat dengan 6-8 rusuk, kuning keputihan menyerupai lilin, berdiameter hingga 2,5 cm, bergantungan sendiri atau dalam untaian. Daging buah ceremai berwarna keputihan dengan rasa buah cermai masam dan banyak berair, di tengahnya terdapat inti yang keras dengan 4-6 butir biji. Buah cermai sering dimakan segar atau di campur gula, garam atau dirujak.

Buah cermai kaya akan kandungan nutrisi, kandungan buah cermai diantaranya seperti Vitamin (C, A, B6, B6, B9 dan B1), Mineral (kalium atau potasium, kalsium, fosfor, tembaga, kromium, magnesium, juga mangan), tannin, quercetin, dan flavonoid. Dengan kandungan yang terdapat didalamnya, buah cermai memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, adapun manfaat buah ceremai yaitu membantu mengatasi sembelit, membantu mengatasi diare, membantu mencerna protein, membantu menyerap kalsium, membantu mencegah serangan jantung, membantu pasien diabetes, membantu memperbaiki masalah rambut dan lain sebagainya.

Cara Menanam Budidaya Cermai

Persiapan Bibit Cermai

Bibit cermai dapat diperoleh dengan perbanyakan melalui tempelan, biji dan juga cangkokan. Namun disarankan, pilih bibit hasil cangkok karena lebih mudah dan cepat tumbuh. Jika tidak ingin repot mencangkok cermai sendir, kalian dapat membeli bibit cermai di toko bibit. Pilih bibit yang berkualitas baik, sehat, memiliki daun hijau segar, berbatang kokoh serta rindang.

Persiapan Lahan Tanam Cermai

Pertama, bersihkan lahan dari gulma atau tanaman pengganggu lainnya. Setelah itu, gemburkan tanah pada lahan. Kemudian, buatlah lubang tanam berukuran 50 cm x 50 cm x 50 cm, jika sudah diamkan lubang tanam selama 1 minggu guna menghilangkan racun yang ada dalam tanah.

Siapkan pula campuran tanah, pupuk kandang/kompos yang telah difermentasi dan sekam. Semua bahan tersebut dicampur lalu dijemur agar bakteri didalamnya mati. Campuran tersebut nantinya untuk menutup lubang tanam bibit cermai.

Penanaman Cermai

Jika semuanya sudah siap, selanjutnya lakukan penanaman. Lepaskan polybag pada bibit cermai dengan hati-hati agar tidak merusak perakarannya. Masukkan bibit ke lubang tanam dengan posisi tegak lurus lalu timbun kembali dengan media tanam yang telah disiapkan dan sedikit padatkan. Setelah itu, lakukan penyiraman secukupnya saja. Guna menopang agar bibit tidak mudah roboh terkena angin ataupun air hujan, maka berikan ajir. Ajir ini dapat dibuat dengan menggunakan bilah bambu sepanjang 1,5 meter.

Perawatan Pohon Cermai

Lakukan penyiraman secara rutin yaitu setiap 1-2 kali sehari seperlunya saja. Lakukan pula penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang tumbuh disekitar tanaman cermai.

Selain itu, agar nutrisi cermai terpenuhi, lakukan pemupukan secara rutin dengan menggunakan pupuk NPK ataupun pupuk kandang/kompos. Pemupukan tersebut dapat dilakukan secara rutin setiap 1 bulan sekali.

Guna merangsang pertumbuhan bunga dan buah, lakukan pemberian hormon perangsang buah secara rutin yaitu setiap 7-10 hari sekali.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Menanam Budidaya Buah Cermai Di Lahan Perkebunan Agar Sukses Bagi Pemula“,┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa