Budidaya Bunga Cempaka

Cara Menanam Budidaya Bunga Cempaka (Magnolia champaca) Yang Bernilai ekonomis Tinggi Dengan Mudah

Posted on

Cara Menanam Budidaya Bunga Cempaka (Magnolia champaca) Yang Bernilai ekonomis Tinggi Dengan MudahBunga Cempaka (Magnolia champaca) atau yang lebih dikenal dengan nama bunga kantil. Tanaman bunga kantil di Indonesia merupakan salah satu tanaman hias mahal yang dapat tumbuh diseluruh pulau jawa khususnya Jawa tengah. Bunga kantil memiliki bau yang harum, biasanya bunga kantil digunakan dalam berbagai acara yang bersifat ritual, magis, religius ataupun untuk perawatan kecantikan dan kesehatan.

Tanaman kantil ini kini banyak dibudidayakan secara komersial. Bibit bunga kantil dapat diperoleh dari biji bunga kantil ataupun dengan cara mencangkok atau stek bunga katil atau cempaka. Menanam atau Budidaya bunga kantil dapat dilakukan dalam pot ataupun dilahan pekarangan. Berikut adalah cara budidaya bunga cempaka atau bunga kantil :

Penanaman Bunga Kantil

Menanam Bunga Kantil Dalam Pot
Pot yang telah disiapkan diisi dengan tanah, pasir dan kemudian pupuk kandang matang dengan perbandingan 1:1:1. Pengisian media tanam dalam pot secukupnya saja agar tidak tumpah saat bibit bunga kantil akan ditanam, kira – kira sisakan setinggi 15 cm. Sabut pembungkus bibit baik itu cangkokan atau polybag stek dilepas dengan hati-hati agar tidak merusak perakaran bibit.

Jika sudah ditanam, letakkan pot tersebut sementara pada tempat yang teduh. Lakukan pergantian 1/3 media tanam setiap tahun.

Menanam Bunga Kantik Di Lahan Pekarangan Rumah
Pada pekarangan, buatlah lubangtanam dengan ukuran sekitar 50 cm x 50 cm x 50 cm, selanjutnya setiap lubang tanam ditanami satu tanaman. Setelah penanaman, lakukan penyiraman secukupnya dan bagian pinggir bisa anda beri pagar.

Perawatan Bunga Cempaka/ Bunga Kantil

1. Penyiraman
Pada tanaman bunga kantil yang masih muda perlu perawatan yang intensif berupa penyiraman yang dilakukan secara teratur terutama pada musim kemarau, sedangkan apabila tanaman sudah dewasa penyiraman dilakukan seperlunya saja.

2. Pemupukan
Waktu pemupukan yang tepat yaitu pada awal musim hujan dan menjelang musim kemarau, untuk pedoman dalam pemberian pupuk yaitu : untuk hama, penyakit atau parasit. Kelompok hama yang menyerang tanaman bunga kantil adalah pada buah atau penggerek buah dikenal dengan hama dari jenis ulat batik (phyllocnites sp), penggerak daun (leaf blotch miners) adalah sejenis ulat daun (papilo memron), kumbang, walang sangit (leptocorisa acuta), semut dan kutu dan juga berbagai penyakit lain yang ditandai dengan adanya bercak coklat disertai tumbuhnya banyak parasit  atau benalu.

Pemanenan Bunga Kantil/Cempaka

Tanaman kantil yang telah berumur sekitar 1 tahun bunganya sudah dapat dipanen. Cara pemanenan bunga kantil ini yaitu dengan cara memetik bunga dengan tangan atau dapat pula dengan menggunakan galah. Pemetikan disesuaikan dengan keadaan pasar atau permintaan dari pembeli. Pemetikan yang paling baik yaitu pada sore hari.

Pemasaran bunga kantil dapat dilakukan dengan cara tradisional yaitu denga menjual bunga tersebut dipasar tradisional pasar bunga atau pasar kembang, pasar tanaman hias atau bisa juga menjualnya pada pengumpul bunga kantil.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Budidaya Bunga Cempaka (Magnolia champaca) Yang Bernilai ekonomis Tinggi Dengan Mudah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa