Cara Menanam Budidaya Daun Binahong Yang Kaya Akan Manfaat Kesehatan

Posted on

Cara Menanam Budidaya Daun Binahong Yang Kaya Akan Manfaat Kesehatan – Binahong (Bassela rubra linn) adalah salah satu tanaman obat yang dapat tumbuh pada daerah dataran rendah dan dataran tinggi serta memiliki banyak khasiat atau manfaat untuk mengobati berbagai penyakit. Tanaman binahong memiliki ciri-ciri yaitu tumbuh menjalar dengan panjang hingga mencapai sekitar 10 meter lebih. Akarnya berbentuk rimpang. Batang tanaman binahong ini lunak, berbentuk silindris, saling membelit, berwarna kemerahan dengan permukaan halus, jika sudah tua batang tanamannya akan berubah menjadi sedikit mengeras dan memiliki warna putih kusam.

Daun binahong keluar dari setiap buku pada batang tanaman, daunnya tunggal berwarna hijau, bertangkai sangat pendek, tersusun berseling, memiliki bentuk seperti jantung (cordata), berujung runcing, pangkal berlekuk (emerginatus), memiliki tepi rata, permukaannya sedikit licin dengan panjang berkisar antara 5 cm hingga 13 cm, lebar berkisar antara 3 cm hingga 10 cm dan tebal daunnya sekitar 0,1-0,2 mm serta panjang tangkai daunnya berkisar antara 1-3 cm.

Klasifikasi Binahong
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Caryophyllales
Famili: Basellaceae
Genus: Anredera
Spesies: Anredera cordifolia (Ten.) Steenis.

Binahong memiliki banyak kandungan zat kimia seperti saponin, alkaloid, polipenol,minyak atsiri,asam Oleanik,asam askorbat, L-arabinosa, D-Galaktosa, D-Glukosa, Flavonoid, dan zat lainnya. Sehingga, binahong memiliki banyak manfaat, berikut manfaat daun binahong diantaranya yaitu:

  • Dapat mempercepat pemulihan atau penyembuhan setelah operasi, melahirkan, khitan, segala luka dalam, dan radang usus.
  • Dapat melancarkan dan menormalkan peredaran darah dan tekanan darah.
  • Dapat mencegah stroke.
  • Dapat mencegah tumor dan kanker.
  • Dapat mengobati Maag dan asam urat.
  • Dapat menghilangkan jerawat pada wajah dengan pemakaian seperti masker
  • Dan lain sebagainya

Cara Menanam Budidaya Daun Binahong

Persiapan Lahan Tanam Daun Binahong

Buatlah lubang tanam ukuran 30×3 cm dengan kedalaman 20-30 cm dan jarak antar lubang tanam dibuat sekitar 40 cm. Jika lubang tanam sudah dibuat, selanjutnya lakukan pemupukan dasar dengan menggunakan campuran pupuk organik (pupuk kandang atau pupuk kompos) dan pupuk NPK dengan perbandingan 30 (organik) : 1 (NPK). Setelah itu, pupuk tersebut dimasukkan ke dalam lubang tanam yang telah dibuat lalu timbun dengan tanah dan biarkan pupuk tersebut terurai. Agar tidak lupa, lubang tanam tersebut diberi tanda baik dengan kayu/bambu.

Persiapan Bibit Binahong

Perbanyakan bibit tanaman binahong dapat dilakukan dengan cara di stek. Pilih batang pohon indukan yang berukuran sedang sepanjang 10 cm. Kemudian, batang stek binahong tersebut ditanam di pot/polybag yang berisi media tanam berupa tanah humus. Batang stek ditanam dengan dipastikan bagian ujung batang stek berada dibagian atas.

Lakukan penyiraman pada tanah dalam polybag dan tunggu beberapa hari hingga muncul tunas baru atau bibit binahong sudah memiliki akar baru dan bibit binahong siap dipindah tanamkan. Namun sebaiknya, tunggu bibit berumur satu bulan.

Cara Menanam Binahong

Setelah semua siap, segera lakukan penanaman. Gali kembali lubang tanam yang sebelumnya sudah dibuat dengan ukuran menyesuaikan media tanam bibit, kemudian siram lubang tanam tersebut dengan insektisida dan fungisida. Setelah itu, buka polybag bibit dan tanam bibit binahong ke dalam lubang tanam lalu timbun kembali dengan tanam, sedikit padatkan dan lakukan penyiraman segera.

Karena merupakan tanaman merambat, tanaman binahong diberi ajir untuk merambatkan sulurnya. Ajir tersebut dapat berupa susunan kayu ataupun tali. Jika penananaman dekat tembok atau pagar maka dapat dimanfaatkan sebagai media rambat.

Cara Merawat Tanaman Binahong

Lakukan penyiraman secara rutin yaitu setiap 5-7 hari sekali secukupnya saja hangan terlalu menggenang. Selain itu lakukan pula pemupukan susulan dengan menggunakan pupuk NPK 15-15-15 dengan dosis 1 gelas NPK untuk 40 liter air. Pemupukan tersebut dilakukan setiap 10-14 hari sekali dengan cara dikocorkan pada lubang yang dibuat dengan jarak sekitar 10 cm dari akar tanaman binahong.

Masa Panen Daun Binahong

Setelah berumur sekitar 6 bulan, tanaman binahong sudah memiliki daun yang lebat. Daunnya sudah dapat dipetik dan dimanfaatkan sebagai obat kesehatan maupun kecantikan. Pilih daun yang berukuran cukup besar dan yang kecil jangan dipetik.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Budidaya Daun Binahong Yang Kaya Akan Manfaat Kesehatan“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa