Panduan Lengkap Cara Menanam Jewawut (Setaria italica) Agar Hasil Melimpah Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Jewawut (Setaria italica) Agar Hasil Melimpah Bagi Pemula – Jewawut, Jawawut, Juwawut atau Sekoi (Setaria italica) adalah sejenis tanaman serealia yang pernah dijadikan makanan utama oleh masyarakat asia tenggara dan timur sebelum mengenal padi. Jewawut memiliki bulir yang kecil sekitar 3 mm dan warnanya beragam ada hitam, ungu, jingga kecoklatan, sampai merah. Tinggi tanaman jewawut dapat mencapai 2 meter. Ada 2 varietas jewawut yaitu yang untuk di konsumsi manusia yaitu S.italica var.italica dan yang untuk pakan burung yaitu S.italica var. moharica.

Klasifikasi Ilmiah Jewawut
Kingdom: Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Monokotil
(tidak termasuk): Commelinids
Ordo: Poales
Famili: Poaceae
Subfamili: Panicoideae
Genus: Setaria
Spesies: S. italica
Sinonim:
Panicum italicum
Panicum viride subsp. italicum
Panicum viride var. italicum
Chaetochloa italica

Cara Menanam Budidaya Jewawut

Syarat Tumbuh Tanaman Jewawut

Tanaman jewawut dapat tumbuh optimal apabila ditanam pada daerah dengan ketinggian 2000 meter diatas permukaan laut, memiliki curah hujan kurang dari 125 mm. Tanah yang baik untuk menanam jewawut yaitu tanah yang subur mulai dari jenis tanah berpasir hingga tanah liat yang padat, meskipun begitu, jejawut tetap da[at tumbuh pada tanah dengan sedikit kandungan unsur hara.

Persiapan Bibit Jewawut

Perbanyakan bibit tanaman jewawut dapat diperoleh dari benih atau biji. Benih jewawut yang berukuran besar masuk dalam jenis Pennisetum glaucum, sedangkan benih jawawut yang berukuran kecil masuk kedalam jenis Panicum miliaceum.

Setelah biji siap, selanjutnya biji dapat ditabur atau dimasukkan ke dalam lubang tanam yang telah dibuat. Benih yang dibutuhkan untuk satu ha lahan yaitu sekitar 8-10 kg jawawut.

Persiapan Lahan Tanam Jewawut

Pertama, bersihkan terlebih dahulu lahan dari gulma atau tanaman pengganggu lainnya. Setelah itu, gemburkan tanah pada lahan dengan cara dicangkul atau dibajak. Selanjutnya, buatlah guludan sesuai dengan kebutuhan kondisi lahan yang akan ditanami tanaman jewawut.

Penanaman Tanaman Jewawut

Jika semua sudah siap, segera lakukan penanaman. Benih dapat langsung ditanam pada tanah dengan jumlah benih sebanyak 1 (satu) jumput dengan jarak tanam sekitar 70 x 25 cm atau 75 x 25 cm pada lahan 2 x 3 meter.

Perawatan dan Pemeliharaan Tanaman Jewawut

Agar nutrisi yang dibutuhkan tanaman jewawut untuk tumbuh dan berkembang, maka dapat dilakukan pemupukan. Pemupukan tersebut da[at dilakukan dengan menggunakan pupuk urea, TSP dan KCl.

Lakukan pula pengairan sebanyak 2 kali dalam sehari agar tanaman tidak mengalami kekeringan.

Pemanenan Jewawut

Tanaman jewawut dapat mulai dipanen setelah berumur 3-4 bulan, tanaman jewawut yang siap dipanen ditandai dengan biji yang sudah mengeras dan bernas, daun bagian atas mulai menguning bahkan mengering.

Demikian artikel tentang “Panduan Lengkap Cara Menanam Jewawut (Setaria italica) Agar Hasil Melimpah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnnya. Sampai Jumpa