Panduan Lengkap Cara Menanam Budidaya Pohon Buah Gandaria Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Budidaya Pohon Buah Gandaria Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula – Gandaria (Bouea macrophylla Griffith) adalah tanaman yang berasal dari kepulauan Indonesia dan Malaysia. Tanaman ini tumbuh di daerah tropis, dan banyak dibudidayakan di Sumatera dan Thailand. Nama lain buah gandaria yaitu jatake.

Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Sapindales
Famili: Anacardiaceae
Genus: Bouea
Spesies: B. macrophylla

Pohonnya buah gandaria berukuran sedang dengan tinggi bisa mencapai 25 m dan memiliki tajuk yang rapat serta memiliki bentuk dahan lebar memanjang dengan ujung yang tumpul. Perbungaannya malai, bunga pohon buah gandaria ini menyerupai bunga mangga yang berwarna kuning dan muncul di ketiak daun, pohon erbunga pada bulan September-Desember. Buahnya bulat, seperti kelereng. Tipenya seperti buah batu, mengeluarkan cairan kental dan bau khas seperti terpentin. Sewaktu masih muda, warnanya hijau, dan kalau sudah matang, berwarna kuning oranye. Bijinya berwarna ungu. Daunnya tunggal, berbentuk bundar telur-lonjong hingga bentuk lanset atau jorong. Waktu muda berwarna putih, lalu berangsur ungu tua lalu hijau tua.

Gandaria dimanfaatkan buah, daun, dan batangnya. Buah gandaria berwarna hijau saat masih muda, dan sering dikonsumsi sebagai rujak atau campuran sambal gandaria. Buah gandaria yang matang berwarna kuning, memiliki rasa kecut-manis dan dapat dimakan langsung. Daunnya digunakan sebagai lalap. Batang gandaria dapat digunakan sebagai papan. Gandaria merupakan flora identitas Jawa Barat.

Cara Menanam Pohon Buah Gandaria

Persiapan Bibit Buah Gandaria

Perbanyakan bibit buah gandaria dapat dilakukan secara generatif melalui biji dan juga secara vegetatif melalui cangkok atau stek.

Jika menanam melalui biji, maka pilih buah dari pohon dengan silsilah buah yang bagus. Ambil buah yang telah masak lalu pisahkan biji dari daging buahnya. Setelah itu, semai biji gandaria di lahan semai dengan tekstur tanah gembur dan subur. Tunggu hingga biji tersebut mengeluarkan tunas dan tumbuh. Setelah tumbuh sekitar 20 cm, pindahkan bibit ke polybag yang telah diisi denngan media tanam berupa campuran tanah dan pupuk kandang. Rawat hingga mencapai ketinggian 70 cm lalu pindahkan ke lahan tanam sebenarnya.

Jika ingin menanam pohon gandaria dari bibit okulasi atau cangkokan, kalian dapat membelinya di toko tanaman buah. Jika ingin membuat sendiri, pilihlah pohon Buah Gandaria yang memiliki buah bagus, tidak terserang hama pada buahnya, dan kualitas cabangnya juga harus yang terlihat subur. Lakukan pencangkokan secara benar, agar menghasilkan bibit yang unggul dan akarnya banyak.

Setelah cangkokan telah berakar, maka bisa dilakukan pemotongan di bagian bawah cangkokan (2-5 cm dari cangkokan). Setelah itu pindahkan ke polybag yang berisi tanah dan pupuk kandang terlebih dahulu. Biarkan hingga 1 bulan agar bibit cangkok pohon buah gandaria benar-benar tumbuh.

Persiapan Lahan Tanam Pohon Buah Gandaria

Bersihkan lahan tanam dari gulma atau tanaman pengganggu lainnya. Setelah itu, buatlah lubang dengan ukuran 40 cm x 40 cm dengan kedalaman sekitar 50 cm. Taburkan pupuk kandang atau kompos setinggi 1/3 bagian. Biarkan lubang tanam tersebut selama beberapa hari yaitu sekitar 5-7 hari agar kondisinya stabil akibat penggalian.

Cara Menanam Bibit Pohon Buah Gandaria

Setelah semuanya siap, segera lakukan penanaman. Buka polybag bibit secara keseluruhan dengan cara merobeknya dengan hati-hati agar tanah dan akar di bibit tidak rusak.

Setelah itu, masukkan bibit ke dalam lubang tepat di tengah lubang tanam lalu tutup kembali lubang dengan sisa tanah galian yang terlebih dahulu dicampur dengan pupuk kandang atau kompos. Kemudian sedikit padatkan. Lakukan penyiraman pada pagi dan sore hari hingga bibit benar-benar tumbuh, jika musim hujan penyiraman bisa dihentikan.

Cara Merawat Pohon Buah Gandaria

Lakukan penyiangan pada rumput atau gulma yang ada disekitar pohon gandaria. Lakukan pula pemupukan susulan dengan menggunakan pupuk kandang pada saat usia tanaman sudah 2 bulan setelah penanaman. Pemupukan ini bertujuan agar mempercepat pertumbuhan pohon pada tahun pertama penanaman.

Masa Panen Buah Gandaria

Pohon Gandaria dari hasil cangkokan biasanya akan berbuah lebih cepat, biasanya pohon gandaria hasil cangkokan yang ditanam akan beruah pada usia 5-6 tahun setelah penanaman. Namun akan lebih cepat tergantung pertumbuhan tanaman dan kualitas bibit.

Tanaman Buah Gandaria yang ditanam melalui biji akan lebih lama menghasilkan buah, biasanya pohon gandaria membutuhkan waktu hingga 10 tahun untuk dapat menghasilkan buah.

Demikian artikel pembahasan tentang “Panduan Lengkap Cara Menanam Budidaya Pohon Buah Gandaria Agar Cepat Berbuah Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa