Cara Menanam Budidaya Tanaman Anting Putri Sebagai Tanaman Hias Di Rumah Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam Budidaya Tanaman Anting Putri Sebagai Tanaman Hias Di Rumah Bagi Pemula – Anting putri (Wrightia religiosa) atau yang dikenal dengan water jasmine,. wild water plum, scared buddhist atau Wrightia merupakan tanaman berbunga yang berasal dari Thailand dan Vietnam.

Tanaman bunga anting putri ini memiliki daun berwarna hijau agak kuning, memiliki bunga berwarna putih mirip dengan bunga melati, memiliki harum seperti aroma buah dan muncul muncul dibalik dahan tanaman dengan sekali muncul beberapa tangkai bunga yang terlihat seperti anting-anting.

Klasifikasi Ilmiah Anting Putri
Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Superdivisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Subkelas: Asteridae
Ordo: Gentianales
Famili: Apocynaceae
Genus: Wrightia
Spesies: Wrightia religiosa

Tanaman anting putri merupakan tanaman yang populer sebagai tanaman bonsai. Tanaman anting putri dapat ditanam di pekarangan maupun di pot.

Cara Menanam Tanaman Anting Putri

Cara Pembibitan Pohon Anting Putri

Tanaman anting putri dapat diperbanyak melalui stek pucuk atau stek akar,. Cara pembibitannya yaitu pilih batang ujung yang berukuran cukup baik dari panjang, diameter dan umurnya. Kemudian, batang tersebut dipotong miring dengan menggunakan pisau tajam agar batangnya tidak pecah dan rusak. Setelah dipotong sebaiknya langsung ditanam, agar bibit tidak layu.

Penanaman Tanaman Anting Putri

Media tanam yang perlu disiapkan yaitu campuran tanah dan pupuk kandang atau kompos dengan perbandingan 1:1 yang dicampur secara merata. Tanam bibit sedalam 5-10 cm pada media tanam dengan arah tegak lurus keatas, selanjutnya padatkan agar bibit bunga anting putri tidak roboh. Seteah semua selesai, lakukan penyiraman dengan air agar bibit tumbuh baik.

Perawatan Tanaman Anting Putri

Setelah tanaman tumbuh denga baik, penyiraman dapat dilakukan seperlunya saja. Potong bagian batangnya untuk membuat jaringan tunas yang rimbun. Caranya berikan potongan paralon ditepi potongan sehingga tunas yang tumbuh bisa rimbun dan mengarah ke atas. Selain itu, lakukan pula pemupukan setiap dua bulan sekali setelah tanaman tumbuh baik.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Budidaya Tanaman Anting Putri Sebagai Tanaman Hias Di Rumah Bagi Pemula”┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa