Menanam Bunga Amaryllis

Cara Menanam Bunga Amarilis Dalam Pot dan Cara Merawatnya Lengkap

Posted on

Cara Menanam Bunga Amarilis/Bunga Amaryllis Dalam Pot dan Cara Merawatnya Lengkap Bunga Amarylis (Amaryllis sp.)adalah salah satu jenis tanaman berumbi yang memiliki bunga indah, seingga tanaman bunga ini sering dijadikan sebagai tanaman bunga hias di pekarangan rumah. Bunga amaryllis juga dikenal sebagai bunga bakung atau bunga lily. Bunga amaryllis berasal dari wilayah tropis seperti karibia, afrika selatan dan hampir seluruh dunia kecuali antartika.

Bunga amaryllis memiliki bunga yang menyerupai terompet. Tinggi bunga ini dapat mencapai sekitar 60 cm hingga 180 cm namun beberapa jenis lain dapat tumbuh lebih tinggi. Saat bunga bakung mekar, bunganya akan memiliki bau yang harum. Tanaman bunga amarilis ini dapat berbunga setahun sekali yaitu pada awal musim penghujan.

Terdapat sekitar 110 suku dalam familiki Liliaceae (bakung) yang tersebar dan tumbuh di sebagian wilayah Eropa, Asia hingga Jepang, India, Indocina dan Filipina.

Klasifikasi Ilmiah
Kingdom: Plantae
Divisi: Angiosperms
Class: Monocots
Order: Asparagales
Family: Amaryllidaceae
Subfamily: Amaryllidoideae
Genus: Amaryllis

Bagi kalian yang ingin menanam bunga ini sebagai tanaman hias di rumah kalian, berikut ini cara menanam bunga amarilis dalam pot.

Cara Menanam Bunga Amarilis Dalam Pot

Persiapan Bibit Bunga Amaryllis

Bibit bunga amarilis biasanya diperbanyak dengan menggunakan umbi. Setelah bibit diperoleh, selanjutnya rendam umbi dalam air selama beberapa jam guna merangsang tumbuhnya akar umbi. Bagian yang direndam cukup bagian bawahnya saja.

Persiapan Pot Tanam dan Media Tanam

Penanaman bunga amaryllis juga dapat langsung ditanam dalam pot. Ukuran pot yang digunakan untuk menanam bunga amarilis sebaiknya tidak terlalu besar karena tanaman bunga ini menyukai tempat yang sempit. Pot yang digunakan juga harus memiliki drainase yang baik agar saat melakukan penyiraman, air tidak tergenang yang dapat mengakibatkan umbi dapat membusuk. Setidaknya ukuran pot yang digunakan yaitu sekitar 2,5 cm lebih besar dari umbi bunga.

Setelah pot siap, selanjutnya siapkan media tanam berupa tanah yang dicampur dengan pupuk kandang atau pupuk kompos. Selanjutnya masukkan dalam pot tanam.

Penanaman Bunga Amarilis

Setelah semuanya siap, segera lakukan penanaman. Buatlah lubang tanam di bagian tengah pot lalu tanam umbi dengan posisis tegak lurus, jangan terlalu dalam cukup 2/3 bagian saja. Selanjutnya padatkan media sekitar umbi agar tidak mudah roboh.

Perawatan Bunga Amaryllis

Bibit amarylis yang belum tumbuh jangan diletakkan ditempat yang terkena matahari langsung. Setelah umbi mulai tumbuh, lakukan pemupukan setiap 2 hingga 3 minggu sekali. Tanaman amaryllis akan berbunga setelah 7 hingga 10 minggu setelah tanam.

Perawatan lain yang perlu dilakukan yaitu penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang ada dalam pot. Lakukan penyiraman secara rutin yaitu setiap 1-2 minggu sekali namun jangan sampai media tanamnya kering.

Demikian artikel tentang”Cara Menanam Bunga Amarilis Dalam Pot dan Cara Merawatnya Lengkap“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa