Cara Menanam Bunga Asoka

Cara Menanam Bunga Asoka, Mulai Dari Pembibitan Hingga Perawatan

Posted on

Cara Menanam Bunga Asoka, Mulai Dari Pembibitan Hingga Perawatan – Bunga asoka atau lebih dikenal dengan bunga soka atau suko adalah salah satu jenis bunga hias yang biasanya ditanam di tanam atau pekarangan rumah baik itu dilahan secara langsung atau menggunakan pot atau polybag.

Bunga asoka memiliki bunga berbentuk kecil dan runcing, bunga soka tumbuh secara bergerombol dengan warna cerah seperti kuning, merah , jingga, putih, merah muda atau yang lainnya.

Tanaman bunga asoka merupakan tanaman perdu yang biasa ditemukan di hutan-hutan. Namun kini banyak orang yang mulai menanam bahkan membudidayakan bunga asoka ini. Selain karena bunganya yang indah untuk dijadikan sebagai tanaman hias, bunga asoka ini dapat digunakan sebagai obat herbal untuk membantu menyembuhkan penyakit wasir, mengobati keram di betis dan lain sebagainya.

Cara Menanam Bunga Asoka

Pembibitan Bunga Asoka

Bibit bunga asoka dapat diperoleh dengan cara vegetatif. Ambillah bagian batang pohon asoka. Pilihlah rampalan yang memiliki panjang sekitar 15 cm, lalu tancapkan rampalan tersebut pada media semai yang dibuat pada tempat lembab dan teduh, tujuannya yaitu agar batang cepat mengeluarkan akar dan tumbuh tunas baru.

Penanaman Bunga Asoka

Setelah bibit mengeluarkan akar,selanjutnya lakukan penanaman. Namun sebelum melakukan penanaman siapkan dahulu media tanamnya. Media tanam tersebut dapat dibuat dari campuran tanah dengan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan 1 : 1. Setelah media tanah siap selanjutnya masukkan dalam pot atau polybag tanam. Selanjutnya buatlah lubang tanam dengan kedalaman sekitar 5-10 cm. Tanamlah bibit dengan posisi tegak lalu tutup kembali dengan tanah disekitar bibit sembari diratakan dan dipadatkan. Penanaman ini sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari saat matahari tidak begitu terik.

Perawatan Bunga Asoka

Pada awal pertumbuhan anda dapat melakukan penyiraman setiap pagi. Setelah tanaman sudah mulai tumbuh bunga, anda dapat melakukan pemberian pupuk setiap satu bulan sekali untuk menjaga ketersedian unsur hara dalam media tanam.

Lakukan pula penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang ada disekitar tanaman bunga agar zat hara yang dibutuhkan untuk pertumbuhan bunga tidak berebut dengan tanaman pengganggu. Selain penyiraman dan penyiangan, lakukan pula perempelan pada bagian batang yang mengalami kekeringan karena batang yang kering dapat menghambat pertumbuhan tanaman dan juga membuat tanaman kurang sedap dipandang.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Bunga Asoka, Mulai Dari Pembibitan Hingga Perawatan“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa