Cara Menanam Bunga Gerbera Dalam Pot

Cara Menanam Bunga Gerbera Dalam Pot Dengan Mudah dan Praktis Untuk Hiasan Ruangan

Posted on

Cara Menanam Bunga Gerbera Dalam Pot Dengan Mudah dan Praktis Untuk Hiasan Ruangan Bunga gerbera adalah salah satu tanaman bunga yang merupakan genus dariu famili Asteraceae. Penamaan bunga ini diberikan untuk menghormati ahli botani dan dokter Jerman yaitu Traugott Gerber yang melakukan perjalanan secara ekstensif di rusia.

Bunga gerbera sangat populer dan banyak digunakan untuk tanaman hias atau sebagai bunga potong. Bunga ini merupakan bunga kelima di dunia yang paling banyak digunakan untuk bunga potong setelah mawar, anyelir, krisan dan tulip. Warna bunga gerbera sangat bervariasi ada putih, kuning, oranye, merah dan pink. Ada banyak sekali jenis bunga garbera diantaranya : Gerbera jamesonii, Gerbera aurantiaca, Gerbera bonatiana, Gerbera maxima,Gerbera ambigua, Gerbera bojeri, Gerbera connata, Gerbera cordata, Gerbera crocea, Gerbera curvisquama, Gerbera delavayi, Gerbera diversifolia dan masih banyak jenis yang lainnya.

Bunga gerbera ini, bisa dijadikan bunga hias untuk memperindah ruangan anda dengan cara menanam bunga garbera tersebut dalam pot.Nah kali ini kita akan membahas cara menanam bunga gerbera dalam pot.  Berikut adalah cara menanam bunga gerbera dalam pot dengan mudah dan praktis di rumah :

1. Persiapan Bibit Bunga Garbera
Bibit bunga garbera dapat dilakukan dengan perbanyakan secara generatif melalui biji ataujuga secara vegetatif dengan menggunakan anakan atau potongan rimpang, selain itu juga dapat dari bibit hasil kultur jaringan. Namun, perbenyakan bibit yang paling banyak digunakan yaitu cara pemisahan anak atau membagi rumpun tanamn induk. Jika anda tidak ingin repot anda dapat membeli tanaman bunga garbera di toko tanaman hias.

2. Penanaman Garbera Dalam Pot
Pertama, masukkan terlebih dahulu media tanam berupa campuran tanah dan pupuk kandang dalam pot/polybag tanam. Selanjutnya letakkan bibit bunga gerbera yang telah dipersiapkan dengan posisi tepat ditengah-tengah pot/polybag tersebut dan masukkan kembali media tanam dalam pot aytau polybag tanam yang digunakan. Padatkan media tanam disekitar pangkal batang tanaman, selanjutnya lakukan penyiraman dengan air bersih hingga media tanam dalam pot atau polybag tersebut lembab. Setelah sekitar 10-15 hari setelah tanam, biasanya bibit gerbera mulai tumbuh akar dan tunas baru sebagai tanaman muda yang dapat membperindah ruangan anda.

3. Perawatan Tanaman Bunga Gerbera
a. Penyiraman
Lakukan penyiraman secara rutin yaitu sebanyak 2 kali sehari pada awal tanam atau bergantung pada cuaca.
b. Perempelan
Lakukan perempelan atau pembuangan tunas atau cabang yang sudah tua, mengering ataupun yang terserang penyakit.
c. Pemupukan
Lakukan pemupukan setiap sebulan sekali secara rutin. Pemupukan tersebut menggunakan pupuk NPK serta untur mikro lainnya, selain itu lakukan pula pemberian pupuk daun. Untuk pupuk NPK diberikan dengan cara dibenamkan pada larikan atau lubang atau juga dilaturkan dengan air lalu disiramkan. Sedangkan untuk pupuk daunnya disemprotkan.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Bunga Gerbera Dalam Pot Dengan Mudah dan Praktis Untuk Hiasan Ruangan“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa