Cara Menanam Bunga Kertas (Bougenville) Dalam Pot Agar Cepat Tumbuh dan Berbunga

Posted on

Cara Menanam Bunga Kertas (Bougenville) Dalam Pot Agar Cepat Tumbuh dan Berbunga – Bunga Kertas atau Bunga Bougenville atau Bugenvil (Bougainvillea) adalah salah satu tanaman bunga hias yang termasuk dalam famili Nyctaginaceae. Tanaman bunga ini berasal dari Amerika Selatan. Tanaman bunga ini memiliki bentuk pohon yang kecil dan susah untuk tumbuh tegak. Spatha atau selundang bunga pada tanaman bunga ini memilii ukuran yang cukup besar yang tumbuh menyelumbungi seluruh bagian bunga majemuk sebelum mekar. Spata tersebut berukuran tipis dan memiliki ciri seperti kertas, warna bunganya beragam ada putih, merah muda, kuning,dan lain-lain. Batang bunga ini memiliki duri yang tajam dan bercabang.

Klasifikasi Bunga Bougenville
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Caryophyllales
Famili: Nyctaginaceae
Genus: Bougainvillea
Spesies:
Bougainvillea buttiana
Bougainvillea glabra
Bougainvillea peruviana
Bougainvillea spectabilis
Bougainvillea spinosa

Dengan warnanya yang beragam dan indah, banyak orang yang mencoba menanam bunga ini sebagai bunga hias pekarangan maupun bunga hias dalam pot. berikut cara menanam bunga kertas:

Cara Menanam Bunga Kertas/Bougenville Dalam Pot

Persiapan Bibit Bunga Kertas/Bougenville

Bibit bunga kertas/bougenville dapat diperoleh melalui stek batang dan juga sambung pucuk. Cara stek batang bunga kertas yaitu: pilihlah batang calon bibit pada tanaman bougenville yang sudah tua, lalu potong batang yang sudah dipilih menyerong atau meruncing, setelah itu dapat langsung ditanam.

Cara sambung pucuk bunga kertas/bougenville yaitu menyambungkan cabang bunga yang muda dengan tanaman bunga yang sudah tua dengan warna bunga berbeda dan biarkan cabang tersebut menyatu dan tumbuh sempurna melalui batang utama.

Cara Menanam Bunga Kertas/Bougenville Dalam Pot

Media tanam yang digunakan untuk menanam bunga kertas yaitu campuran tanah dan pasir karena tanaman bunga kertas/bougenville sangat menyukai media tanam berpasir.

Sedangkan pot tanam yang digunakan dapat disesuaikan dengan bibit bunga kertasan/bougenville yang akan ditanam.

Jika semuanya sudah siap, segera lakukan penanaman. Bibit stek batang ditanam dengan cara ditancapkan ke media tanam dengan kedalaman sekitar 5 cm. Metode penanaman ini sebaiknya dilakukan pada pagi hari atau malam hari karena pada waktu tersebut tingkat pertumbuhan tunas baru pada tanaman akan semakin meningkat.

Cara Merawat Bunga Kertas/Bougenville

Perawatan yang perlu dilakukan pada bunga kertas/bougenville, diantaranya yaitu:

  • Penyiraman, penyiraman dilakukan untuk menjaga kelembapan media tanam. Penyiraman ini dapat dilakukan 2 kali sehari.
  • Pemangkasan cabang, pemangkasan ini dilakukan agara tanaman bunga bougenville dapat tumbuh dengan baik dan tidak terganggu.
  • Pemupukan, agar nutrisi yang dibutuhkan tanaman terpenuhi dan tanaman bunga kertasan dapat tumbuh dengan baik maka lakukan pemupukan. Pemupukan tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan pupuk organik maupun pupuk anorganik.

Selain perawatan tersebut, lakukan pula penyiangan pada gulma yang tumbuh disekitar tanaman bunga di pot, lakukan penyemprotan insektisida untuk mengendalikan hama dan penyakit, dan perawatan lainnya.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Bunga Kertas (Bougenville) Dalam Pot Agar Cepat Tumbuh dan Berbunga“,┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa