Cara Mudah Menanam Bunga Kitolod “Tanaman Obat Mata” Di Rumah dengan Benar

Posted on

Cara Menanam Bunga Ki Tolod “Tanaman Obat Mata” Di Rumah – Tanaman bunga kitolod (Isotoma longiflora) adalah tanaman yang berkhasiat untuk menyembuhkan sakit mata seperti katarak, mata minus, mata plus, rabun jauh, rabun dekat dan lain sebagainya. Kitolod memiliki nama lain yaitu kembang jangar atau bunga katarak atau bunga bintang lima atau bunga korejat.

Ciri-Ciri kitolod diantaranya merupakan terna tegak yang dapat tumbuh hingga ketinggian 60 cm, bercabang dari pangkalnya, serta bergetah putih dengan rasa tajam yang beracun, berdaun tunggal, duduk dan berbentuk lanset dengan ujung runcing dan pangkal menyempit. Tepi daunnya bergerigi hingga melekuk dengan panjang daun 5-17 cm dan berwarna hijau. Bunga ki tolod tunggal, tegak, bertangkai panjang, bunga ini keluar dari bagian ketiak daun dengan bentuk mahkota seperti bintang, dan berwarna putih. Buahnya kotak, berbentuk lonceng, merunduk dengan banyakbiji.

Karena khasiatnya untuk kesehatan mata, banyak orang yang menanamnya sebagai tanaman obat di rumah mereka. Tanaman ki talod ini dapat ditanam di polybag/pot tanam maupun di lahan langsung. Bagi anda yang ingin menanam bunga ki talod ini, berikut selengkapnya:

Cara Menanam Tanaman Ki Tolod

Persiapan Pot/Polybag dan Media Tanam

Pot atau polybag yang akan digunakan untuk menanam bunga ki talod ini dipilih yang memiliki diameter sekitar 25 cm. Selain menggunakan pot/polybag yang kemungkinan anda harus beli, anda dapat menggunakan ember bekas atau kantung plastik bekas.

Media tanam yang perlu disiapkan yaitu campuran bokhasi atau kompos dan tanah dengan perbandingan 1 : 1 dan tambahkan insektisida furadan lalu campur dan aduk hingga merata. Jika sudah siap, masukan media tanam ke dalam pot atau polybag tanam yang telah disiapkan.

Persiapan Bibit Bunga Ki Tolod

Bibit bunga ki tolod ini diperoleh dari buah kitolod yang sudah tua dan juga mengering. Bunga-bunga tersebut diambil lalu digosokan agar terpisah dari pembungkusnya. Setelah itu, jemur biji hingga kering.

Cara Menanam Ki Talod

Pertama, siram pot atau polybag yang telah berisi media tanam hingga basah merata, setelah itu tebarkan biji benih ki talod secara merata pada pot atau polybag lalu tutup kembali dengan tanah halus tipis saja.

Perawatan Tanaman Bunga Kitolod

Penyiraman
Lakukan penyiraman sebanyak satu kali dalam sehari atau jika media tanam terlihat agak kering dengan air yang tidak deras agar biji tidak terbawa air.

Penjarangan
Apabila tanaman ki talod tumbuh terlalu rapat, lakukan penjarangan dan tanam di pot atau polybag lain agar jaraknya ideal dan tanaman dapat tumbuh ideal.

Penyiangan
Lakukan penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya. Penyiangan ini dapat dilakukan setiap 2 minggu sekali atau jika sudah banyak terlihat rumput liar.

Pemupukan
Lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk kompos atau pupuk bokhasi dengan cara sitebar disekitar tanaman lalu setelah itu lakukan penyiraman.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Bunga Kitolod “Tanaman Obat Mata” Di Rumah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa