Cara Menanam Bunga Krisan Dalam Pot Dengan Mudah

Posted on

Cara Menanam Budidaya Bunga Krisan Dalam Pot Dengan Mudah – Krisan atau bunga seruni atau bunga kristanium merupakan sejenis tumbuhan berbunga yang sering ditanam sebagai tanaman hias pekarangan atau bunga petik untuk hiasan pot dalam ruangan.

Nah kali ini kita akan membahas tentang cara budidaya/cara menanam bunga krisan dalam pot. Bibit bunga krisan yang akan ditanam berasal dari bibit stek yang diambil dari tanaman induk.

Cara Menanam Bunga Krisan Di Pot

Persiapan Media Tanam

Media tanam yang akan digunakan untuk menanam bunga krisan dalam pot yaitu campuran tanah gambut (peat moss), cacahan sabut kelapa (coco peat) dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:4. Media tanam yang telah disiapkan kemudian dimasukkan ke dalam pot hingga penuh lalu disiram hingga jenuh lalu buatlah lubang tanam sebanyak lima buah dengan cara ditugal sedalam 10 cm. Tinggi pot yang digunakan yaitu sekitar 15 cm dan memiliki diameter sekitar 13 cm.

Penanaman Bibit Bunga Krisan

Sebelum ditanam, bibit bunga krisan diseleksi dan dipilih berdasarkan tinggi yang sama terlebih dahulu. Penanaman bunga krisan sebaiknya dilakukan pada pagi hari agar bibit tidak stres akibat panas.

Penanaman bibit krisan dilakukan secara manual dengan tangan. Bibit yang dimasukkan ke dalam lubang diusahakan memiliki posisi tegak lurus dan tinggi yang sama karena akan mempengaruhi sifat tumbuhnya. Pengkabutan atau penyiraman dilakukan segera setelah penanaman selesai dengan menggunakan power sprayer selama kurang lebih 30 menit.

Pemeliharaan Bunga Krisan Dalam Pot

Perlakuan hari panjang adalah perlakuan fase vegetatif yang dilakukan selama 4 hari setelah tanam meliputi: penyiraman, penerangan dengan lampu 100 watt dan pembuangan pucuk atau topping.

Penyiraman sangat dipengaruhi musim. Jika musim kemarau, penyiraman dilakukan setiap hari sedangkan musim hujan, penyiraman dilakukan dengan melihat kondisi tanaman. Penyiraman dilakukan menggunakan selang yang digerakkan manual menggunakan tangan. Bunga krisan juga membutuhkan pencahayaan yang cukup maka dibutuhkan penerangan jika pot diletakkan dalam ruangan.

Pembuangan pucuk atau topping dilakukan pada hari ke-4 setelah tanam. Pembuangan pucuk ini dilakukan secara manual menggunakan tangan.

Pada hari ke-5 setelah tanam, pot dipindahkan ke dalam lahan ke green house yang dilengkapi dengan bench berukuran 4 m x 1,2 m yang beralaskan mulsa plastik berwarna putih. Dalam green house ini tanaman krisan tidak diberi tambahan cahaya lagi, sehingga tanaman akan mulai masuk fase generatif dan fase pembungaan.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Bunga Krisan Dalam Pot Dengan Mudah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa