Cara Mudah Menanam Bunga Lili Agar Rajin Berbunga Bagi Pemula dengan Benar

Posted on

Cara Menanam Budidaya Bunga Lily Agar Rajin Berbunga Bagi Pemula  – Bunga Lili/Bunga Lily atau Bunga Bakung (Lilium Candidum L.) adalah jenis bunga yang berasal dari daerah dataran mediterania dan Asia Barat. Bunga lily ini memiliki kelopak corong lancip saat belum mekar, bunga lili ini juga indah dan wangi saat mekar terdapat berbagai warana bunga lily seperti bunga lili merah, putih, kuning, pink, kuning, oranye, ungu hingga hampir hitam, dan terdapat pula corak berupa bintik-bintik.

Bunga lili mengandung Flavonoid, Karotenoid, Sapion, Polisakarida, Pati, Colchicine, Protein dan Lemak. Dengan kandungan tersebut, bunga lili ini memiliki berbagai manfaat, berikut beberapa manfaat bunga lily:

  • Membantu mengobati demam
  • Anti kanker
  • Membantu menurunkan kolestrol
  • Untuk obat luka
  • Dan lain sebagainya.

Untuk itu banyak orang yang melakukan budidaya bunga lili ini. Jika anda ingin menanam bunga lili ini, berikut cara selengkapnya:

Cara Menanam Bunga Lily

Pemilihan Benih Umbi Lily

Benih umbi lili yang dipilih yaitu benih yang tidak memiliki lapisan lapisan kulit luar. Karena benih yang masih memiliki lapisan kulit luar akan sangat sulit tumbuh.

Proses Penanaman Bunga Lily

Buatlah lubang tanam berukuran sekitar 10 cm – 15 cm dengan jarak tanam sekitar 15 cm agar tanaman lebih mudah mendapatkan sinar matahari. Sebelum benih ditanam, lakukan pemupukan terlebih dahulu di dasar lubang tanam yang telah dibuat dengan menggunakan pupuk kandang untuk membantu penyuburan tanah. Selanjutnya, taruh benih umbi bunga lily ke dalam lubang tanam lalu tutup kembali lubang tanam tersebut dengan tanah atau kompos. Setelah itu, lakukan penyiraman secukupnya hingga tanah lembab.

Pembersihan Mulsa

Tujuan pemberian mulsa ini yaitu untuk melindungi akar bunga lili dari cuaca yang tidak menentu. Gunakan mulsa yang tepat.

Pemupukan Bunga Lily

Pemupukan ini sebaiknya dilakukan saat akar bunga lili sudah mulai tumbuh. Akan tetapi, pemberian pupuk tersebut jangan terlalu banyak karena tanaman bunga lili cukup kuat dan tidak membutuhkan banyak pupuk. Berikan pupuk yang biasa digunakan untuk tanaman umbi. Pemberian pupuk bisa dilakukan setelah satu bulan sejak pemupukan awal.

Penyiraman & Pemangkasan Bunga lily

Lakukan penyiraman secukupnya saja, karena tanaman lily tidak memerlukan banyak air. Selain penyiraman, perawatan yang perlu dilakukan agar tanaman lily tetap berbunga yaitu pemangkasan. Lakukan pemangkasan sepertiga batang beserta bunganya dan biarkan bagian yang tersisa tetap tumbuh dan menghasilkan bunga kembali.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Bunga Lili Agar Rajin Berbunga Bagi Pemula “, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa