Cara Menanam Bunga Matahari Yang Baik Agar Cepat Berbunga

Posted on

Cara Menanam  Atau Budidaya Serta Merawat  Bunga Matahari Yang Baik Agar Cepat Berbunga

Hai Sahabat….Kali ini kita akan membahas tentang Cara Menanam Atau Budidaya Serta Merawat Bunga Matahari. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut ini.

Bunga matahari (Helianthus annuus ) adalah tumbuhan bunga semusim dari suku Asteraceae atau suku kenikir-kenikiran, Bunga ini berasal dari Meksiko. Bunga matahari memiliki ukuran yang besar berwarna kuning terang dengan diameter bisa mencapai hingga 30 centimeter, memiliki batang yang banyak ditumbuhi rambut kasar, jarang bercabang, tegak serta tingginya berkisar antara 3 meter hingga 5 meter tergantung pada varietas bunga matahari tersebut. Bunga matahari memiliki perilaku yang khas yaitu heliotropisme atau bunga selalu condong mengarah ke matahari.

bunga-matahari

Banyak orang yang menanam atau membudidayakan tanaman bunga matahari, tapi dengan tujuan yang berbeda-beda ada yang hanya untuk sekedar sebagai tanaman hias, untuk pakan ternak, untuk memproduksi kuaci, ataupun untuk memproduksi minyak. Bagi kalian yang ingin menanam atau budidaya matahari untuk tujuan tersebut, berikut adalah caranya :

Syarat Tumbuh

Tanaman bunga matahari menyukai tempat dengan sinar matahari yang penuh, tanah yang hangat dan subur dengan pH sekitar 6 hingga 7,2.

  • Penyemaian Benih

Sebelum melakukan penyemaian pilih terlebih dahulu jenis atau varietas bunga matahari yang akan ditanam. Setelah sudah menentukan jenis benih bunga matahari yang ditanam, selanjutnya siapka media tanam berupa tanah gembur yang sudah dicampur dengan pupuk kandang, setelah itu masukkan media tanam pada media semai berupa polybag atau yang lainnya.
Biji bunga matahari memiliki bentuk bulat telur pipih dengan bagian bawah membulat dan bagian atas meruncing. Saat menanam bunga matahari yang akan ditanam pada media semai, biji benih bagian runcing di letakkan pada bagian bawah, lalu tekan benih pada media semai hingga hanya sedikit dari bagian tumpul atau yang membulat terlihat. Setelah melakukan persemaian, lakukan penyiraman dengan sistem semprot karena apabila media tanah tergenang maka akan menyebabkan benih akan membusuk. Benih akan berkecambah pada hari ke 3 hingga 4 setelah penyemaian dengan ditandai dengan kulit biji terangakat dan sudah muncul akar. Pada hari ke 7 hingga 10 bibit sudah mulai berdaun 2 hingga 3 helai dan tinggnya sudah sekitar 5 cm hingga 7 cm, jika sudah begitu benih sudah dapat di pindahkan pada media pot atau tanah.

  • Penanaman

Lahan untuk melakukan penanam bunga matahari d buat lubang dengan kedalaman sekitar 50 centimeter. Isi 1/3 bagian dari lubang dengan tanah gembur yang telah dicampur dengan pupuk kandang (perbandingannya sekitar 1:1). Selanjutnya bibit diambil lalu ditanam kedalam lubang tanam kemudian timbun hingga tertutup bagian pangkal batangnya sekitar 1cm – 2cm. Jika menanam lebih dari 1 bunga pastikan jarak tanamnya sekitar 1 meter. Jika menanam menggunakan pot atau polybag ,pastikan pot atau polybag tersebut memiliki bagian dasar untuk drainase. Berimulsa pada media tanam dengan dedaunan kering agar agar mencdcah kelembapan tanah. Lakukana penyiranam minimal 1x sehari.

  • Perawatan

Pada saat tanama sudah berumur 1 atau 2 bulan Lakukan pemupukan menggunakan pupuk kandang atau juga bisa menggunakan NPK dengan dosis 25g-30 gr/tanaman atau juga dengan ZA dengan dosis 25 gr/tanaman (pada umur 1 bulan) atau juga bisa menggunakan TSP (pada saat tanaman berumur 1,5 bulan).
Bunga matahari akan mulai berbunga pada umur sekitar 3 bulan, Pada 1 batang tanaman dapat menghasilkan bunga sekitar 10 hingga 12 bunga. Tanaman yang sudah memiliki tinggi 1 meter beri tanaman ajir atau penopang tanaman berupa batang bambu.
Penyiraman dilakukan 2x sehari yaitu pagi hari dan sore hari, tapi semakin tinggi tanaman maka kurangi volume penyiraman.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Bunga Matahari Yang Baik Agar Cepat Berbunga“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa