Cara Menanam Bunga Mawar Dengan Stek Batang

Cara Menanam Bunga Mawar Dengan Stek Batang Di Pot/Polybag

Posted on

Cara Menanam Bunga Mawar Dengan Stek Batang Di Pot/Polybag –  Mawar adalah salah satu jenis tanaman berbunga berupa herba dengan batang berduri. Mawar merupakan salah satu jenis tanaman semak dari genus Rosa. Menurut Sejarah, bunga hias mawar ini berasal dari dataran China, Timur Tengah dan Eropa Timur.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Rosales
Famili: Rosaceae
Upafamili: Rosoideae
Genus: Rosa

Banyak orang menyukai bunga ini, bung mawar sangat indah dengan warnanya yang sangat beragan ada yang merah, putih, pink (merah muda), hitam, hijau, kuning, ungu, biru atau perpaduan dari beberapa warna. Selain indah, bunganya juga harum. Jadi tak heran jika banyak orang yang ingin menanam bunga ini untuk dijadikan tanaman hias dirumah, baik dipekarangan atau teras depan rumah. Bunga mawar ini dapat ditanam dengan 2 cara yaitu memlaui biji dan juga stek. Nah kali ini kita akan membahas tentang Cara Menanam Bunga Mawar dari Stek Batang.

Cara Menanam Bunga Mawar Dari Stek Batang

Persiapan Media Tanam

Pertama siapkan media tanam terlebih dahulu. Media tanam yang akan digunakan yaitu tanah, kulit padi (sekam padi) dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1. Setelah itu campurkan semua bahan media tanam yang telah disiapkan lalu aduk hingga tercampur rata, jika sudah siap masukan kedalam polybag/pot berukuran sedang.

Persiapan Bibit Stek Batang

Jika media tanam sudah siap, selanjutnya tentukan tanaman mawar yang akan di stek. Ada beberapa tips untuk memilih tanaman mawar yang akan di stek yakni pilihlah batang tanaman yang sudah tua dan jangan gunakan batang muda karena tanaman tidak akan bertahan lama. Ciri-ciri batang yang sudah tua dapat dilihat dari durinya, jika duri sudah berwarna hitam berarti batang tersebut sudah tua. Sedangkan duri pada batang muda masih berwarna merah jambu.

Penanaman dan Perawatan Bunga Mawar

Jika sudah mementukan batang yang akan di stek, langkah selanjutnya potong batang mawar yang tersebut dengan menggunakan gunting atau pisau yang tajam dengan jarak sekitar satu jengkal dari ujung batang. Batang tersebut dipotong dengan cara meruncing agar akar cepat tumbuh.

Berikutnya pindahkan potongan batang tersebut ke dalam media tanam yang telah disiapkan sebelumnya dengan sedalam 5cm hingga 7 cm. Setelah itu, letakan tanaman mawar tersebut pada tempat yang terkena sinar matahari langsung.

Agar tanaman cepat berbunga, maka pemeliharaan yang perlu dilakukan yaitu dengan menyiram tanaman secara rutin setiap pagi dan sore hari. Selain itu, berikan pula pupuk susulan setiap satu bulan sekali.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Bunga Mawar Dengan Stek Batang Di Pot/Polybag“,  semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa