Cara Menanam Bunga Melati Dalam Pot Di Rumah Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam Bunga Melati Dalam Pot Di Rumah Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula – Melati (Jasminum) merupakan tanaman bunga hias berupa tanaman perdu berbatang tegak dan hidup menahun. melati masuk dalam genus dari semak dan tanaman merambat dalam keluarga zaitun (Oleaceae). Melati terdiri sekitar 200 spesies tumbuhan asli daerah tropis dan hanggat dari Eurasia, Australasia dan Oseania. Melati secara luas dibudidayakan karena aroma khas yang dimilikinya. Terdapat sekitar 200 spesies melati yang ada. Bunga melati yang sering kita temui adalah warna umum berwarna putih meski banyak warna yang lainnya. biasanya bunga melati digunakan untuk campuran teh atau juga aksesoris pengantin dalam pernikahan.

Klasifikasi Bunga Melati
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Lamiales
Famili: Oleaceae
Genus: Jasminum

Selain indah, bunga melati kaya akan manfaat. Manfaat bunga melati diantaranya: dapat membantu mengobati stres, mencegah kanker, mengurangi kemungkinan stroke, membantu menurunkan berat badan dan lain sebagainya.

Cara Menanam Bunga Melati Dalam Pot

Persiapan Bibit Bunga Melati

Bibit bunga melati dapat dilakukan dengan cara stek batang. Pilih batang yang berukuran sedang lalu potong dengan panjang sekitar 12 cm lalu tanam bibit stek tersebut ke dalam polybag yang sudah diisi dengan media tanam berupa campuran tanah dan pasir bersih. Jangan lupa lakukan penyiraman untuk menjaga kelembapannya.

Setelah beberapa minggu, batang yang ditanam dalam polybag akan tumbuh tunas daun baru. Selanjutnya dapat dipindah tanamkan ke pot yang berukuran lebih besar.

Cara Menanam Bunga Melati Di Pot

Jika bibit bunga melati sudah siap, maka selanjutnya lakukan pemindahan tanam. Siapkan port berukuran sedang (disesuaikan dengan bibit bunga) kemudian bagian dasar pot diberi pecahan genting atau batu bata, setelah itu barulah masukkan media tanam berupa campuran pasir, tanah dan pupuk organik dengan perbandingan sekitar 1:1:1.

Media tanam tersebut diisikan 1/3 bagian pot terlebih dahulu, lalu tanam bibit bunga melati dan timbun kembali dengan media tanam tadi hingga 2 cm di bibir pot tanam. Kemudian, lakukan penyiraman secukupnya.

Cara Merawat Bunga Melati Dalam Pot

Lakukan penyiraman secara rutin sebanyak 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari. Lakukan pula penyiangan pada gulma yang tumbuh disekitar tanaman dalam pot agar nutrisi yang dibutuhkan bunga melati untuk tumbuh tidak terserap oleh gulma.

Selain itu, setelah tanaman bunga melati berumur sekitar satu minggu, kemudian pemupukan dapat dilakukan secara rutin setiap satu bulan sekali. Jangan lupa juga untuk melakukan pemangkasan agar tanaman terangsang untuk cepat berbunga dan cabangnya lebih banyak.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Bunga Melati Dalam Pot Di Rumah Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula“, ┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa