Cara Menanam Bunga Teratai Agar Cepat Berbunga Dengan Mudah

Posted on

Cara Menanam Budidaya Bunga Teratai Agar Cepat Berbunga Dengan Mudah Teratai adalah salah satu jenis tanaman air yang berasal dari suku Nymphaeaceae. Tanaman ini tumbuh di atas air yang tenang seperti kolam, rawa atau sungai. Bunga dan daun berada di atas permukaan laut dan tangkainya keluar dari rhizoma yang ada di dalam lumpur. Tangkai terletak di bagian tengah daun bagian bawah, daunnya memiliki bentuk oval atau bundar dengan ukuran lebar yang terpotong pada bagian jari-jari menuju tangkai. Daun pada teratai tidak mengandung lilin sehingga air yang jatuh diatas daun tidak akan menjadi butiran air. Warna bunga pada teratai sangat cantik jika bunga berwarna merah maka warnanya lebih merah, jika warnanya putih maka akan lebih putih dan apabila berwarna merah muda maka warnanya akan makin terang. Diameter bunga teratai berkisar antara 5 cm – 10 cm. Banyak sekali spesies dari teratai yang tersebar di seluruh wilayah tropis dan subtropis. Teratai yang tumbuh di daerah tropis berasal dari Mesir yang banyak di pinggir sungai nil. Kira-kira terdapat sekitar 50 spesies bunga terataio yang tersebar di dunia.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Nymphaeales
Famili: Nymphaeaceae
Genus: Nymphaea

Cara Menanam Bunga Teratai

Pembibitan Bunga Teratai

Perbanyakan bibit bunga teratai dapat dilakukan dengan dua cara yaitu melalui biji atau tunas akar. Namun tidak semua dapat diperbanyak melalui biji, untuk itu bisa dilakukan dengan cara kedua, selain cepat tumbuh dan berbunga dengan cara pilih dan pisahkan tunas akar bibit dari pangkal indukan dengan hati-hati tanpa merusak perakaran atau batang teratainya karena jika rusak maka tanaman akan mati, setelah dipisahkan dapat langsung ditanam.

Penanaman Bunga Teratai

Persiapkan dahulu media tanam dan tenmpat tanam bunga teratai, carilah tempay yang berair, baik kolam, danau, air mancur,ataupun pot dengan wadah yang kedap air. Buatlah media tanam dengan mencampurkan pasir dengan sedikit tanah dan pupuk kandang/pupuk kompos halus denganperbandingan 1 : 1/2: 1/2. Selanjutnya letakkan dalam pot kedap air dan isi pot dengan air hingga menggenang lalu tanam bibit bunga teratai di media tanam.

Perawatan Bunga Teratai

Karena bunga teratai sangat suka air yang banyak maka jangan sampai genangan air berkurang. Jika teratai sudah tumbuh besar, segera pindahkan ke pot yang berukuran lebih besar atau pisahkan tunasnya untuk dibesarkan di pot lain. Jangan lupa juga untuk memberikan pupuk cair secara berkala yaitu setiap 2-2,5 bulan sekali.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Bunga Teratai Agar Cepat Berbunga Dengan Mudah“, ┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa