Cara Menanam Cabai Dorset Naga Hidroponik Dengan Sistem Dutch Bucket

Posted on

Cara Menanam Cabai Dorset Naga Hidroponik Dengan Sistem Dutch Bucket – Cabai Dorset Naga merupakan salah satu jenis cabai terpedas di dunia. Cabai dorset naga kalau sudah matang akan memiliki buah dengan bentuk cabai yang gempal dan agak besar dengan warna merah. Jika sudah dimasak, dijamin masakan yang dihasilkan akan menjadi super pedas dan disukai para pecinta sambal. Jenis cabe ini dapat ditanam dengan metode hidroponik yaitu dengan sistem dutch bucket. Berikut cara selengkapnya:

Cara Menanam Cabai Dorset Naga Hidroponik

Penyemaian Cabai Dorset Naga

Pertama, semai benih cabai dorset naga menggunakan tissu yang dibasahi kemudian diletakkan di plastik klip dan tunggu hingga benih pecah benih. Setelah berhasil pecah benih, siapkan rockwool yang telah dibasahi dan dibuat lubang tanam. Kemudian letakkan benih yang telah pecah benih di lubang tanam pada rockwool dan jaga kelembabannya hingga tanaman tumbuh hingga memiliki daun sejati.

Pindah Tanam Cabai Dorset Naga

Setelah tanaman yang tumbuh di rockwool memiliki daun sejati, tanaman cabai dorset naga kecil tersebut siap untuk dipindah tanam. Pertama, siapkan terlebih dahulu sistem dutch bucket yang akan digunakan untuk menanam cabai dorset naga tersebut. Untuk menyiapkan larutan nutrisi, anda bisa menggunakan takaran kira-kira 1.300 ppm. Untuk melakukan pindah tanam ini sebaiknya anda melakukannya pada saat pagi atau sore hari sehingga tanaman bisa lebih mudah menyesuaikan diri di tempat yang baru. Setelah larutan nutrisi dan sistem dutch bucketnya siap, pindah tanam bisa langsung dilakukan. Caranya, cukup pindahkan tanaman cabai kecil yang sudah berdaun sejati ke sistem dutch bucket beserta dengan rockwoolnya sekalian.

Perawatan Tanaman Cabe Dorset Naga

Karena cabai dorset naga ditanam dengan sistem hidroponik, maka perawatan yang tidak boleh dilupakan yaitu mengecek larutan nutrisi yang berada di sistem tersebut. Usahakan segera menambah larutan nutrisi saat stok telah berkurang lebih dari 1/3 dari volume ember penampung. Kemudian, jika ada hama yang menempel pada tanaman, segera lakukan penanganan dengan memberikan pestisida organik yang aman pada tanaman yang terserang hama.

Pemanenan Cabai Dorset Naga

Cabai dorset naga biasanya bisa berbuah dalam waktu 3 bulan. Cabai dorset naga ini dapat dipanen setelah buah yang tumbuh mulai berwarna merah. Buah yang berwarna hijau belum bisa dipanen karena belum terlalu matang dan tingkat kepedasannya tentu akan lebih sempurna jika warnanya sudah merah.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Menanam Cabai Dorset Naga Hidroponik Dengan Sistem Dutch Bucket“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa.