5 Panduan Lengkap Cara Menanam Cabe Merah Dalam Pot atau Polybag Dengan Mudah

Posted on

Panduan Lengkap Cara Menanam Cabe Merah Dalam Pot atau Polybag Dengan Mudah Di Rumah

Cabe Merah (Capsicum annuum) adalah salah satu jenis sayuran yang berasal dari suku Solanaceae dan genus Capsicum. Tanaman cabe merah berasal dari benua amerika yang beriklim subtropis dan tropis. Biasanya cabe merah digunakan sebagai bumbu penguat rasa pedas pada masakan seperti rendang atau yang lainnya.

Cabe merah merupakan salah satu jenis komoditi pertanian yang sering mengalami fluktuasi harga, pada saat-saat tertentu harganya dapat melonjak tinggi, kadang bisa menurun drastis bahkan tidak berharga. Selain tentang fluktuasi harga, budidaya cabe merah cukup rentan terhadap hama dan cuaca. Untuk menghindari pengeluaran yang berlebih kini banyakj ibu rumah tangga yang mencoba menanam cabe merah ini dirumah dengan menanamnya dalam polybag, pot atau tempat tanam lainnya yang lebih praktis. Berikut adalah cara menanam cabe merah dalaqm polybag atau pot:

a. Persiapan Bibit Cabe Merah
Benih yang dipilih adalah benih yang baik dan berkualitas. Setelah benih diperoleh selanjutnya lakukan penyemaian benih.

  • Siapkan dahulu media semai berupa bedengan sesuai kebutuhan. Setelah bedengan jadi campurkan tanah bedengan dengan pupuk kandang atau kompos secara merata dengan ketebalan sekitar 5-10 cm.
  • Jika sudah siap, selanjutnya semaikan benih pada bedengan dengan jarak sekitar 10 cm lalu siram secukupnya, penyiraman tersebut harus hati-hati agar benih tidak terbawa air.
  • Untuk menjaga kelembapan tanah, media semai ditutup dengan menggunakan karung goni yang telah dibasahi.
  • 4 hari kemudian, buka karung goni lalu ganti dengan plastik transparan untuk menghindari hujan dan terik matahari secara langsung.
  • Setelah bibit berumur sekitar 3-4 minggu atau telah memiliki sekitar 4 helai daun, bibit dapat dipindah tanamkan dalam pot atau polybag tanam.

b. Persiapan Polybag/Pot Tanam Beserta Media Tanam
Siapkan polybag yang berukuran sekitar 30 cm, selain menggunakan polybag anda juga dapat menggunakan pot baik itu plastik, keramik, semen atau yang lainnya atau anda juga bisa menggunakan kaleng atu botol bekas untuk melakukan penanaman cabe merah.

Selain menyiapkan tempat tanam, siapkan pula media tanam. Media tanam tersebut dapat berupa campuran tanah, pupuk kompos dan arang sekam dengan perbandingan 1 : 1 : 1 ; atau campuran tanah dengan pupuk kompos dengan perbandingan 2 : 1 ; atau juga bisa campuran tanah dengan pupuk kandang dengan perbandingan 2 : 1. Masukkan media tanam dalam pot atau polybag yang telah disiapkan, jangan terlalu penuh.

c. Penanaman Cabe Merah Dalam Polybag atau Pot Tanam
Setelah semua siap, selanjutnya lakukan penanaman. Buatlah lubang tanam tepat di tengah pot/polybag tanam dengan kedalaman sekitar 5-7 cm. Tanam bibit dalam lubang tanam lalu tutup kembali dengan tanah disekitarnya. Penanam ini sebaiknya dilakukan pada pagi hari atau sore hari.

d. Perawatan Tanaman

  • Penyiraman
    Penyiraman tanaman cabe merah ini dilakukan sebanyak 3 hari sekali. Tapi saat musim kemarau, penyiraman dilakukan setiap hari namun jangan sampai terkena daun dan buahnya agar tidak busuk.
  • Pemupukan
    Lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk organik cair. Pemberian pupuk caitr tersebut disemprotkan saat daun dan buah mulai tumbuh. Saat tanaman sudah mulai berbuah maka lakukan pemberian pupuk kandang sebanyak 1 kepal.
  • Pemberian Ajir
    Setelah tanaman tumbuh dengan ketinggian sekitar 20 cm, beri ajir dari bambu agar tanaman dapat terus tumbuh dengan tegak.
  • Penyiangan
    Lakukan penyiangan gulma atau tanaman lainnya yang tumbuh disekitar tanaman. Bersama dengan itu, buangi daun atau buah yang mati.

e. Pemanenan Cabe Merah
Cabe merah sudah dapat dipanen setelah berumur sekitar 75 hingga 85 hari setelah tanam. Pemanenan dapet dilakukan beberapa kali tergantung pada jenis varietas cabe merah dan juga teknik budidaya. Pemanenan bisa dilakukan setiap 2 hingga 5 hari sekali dan lakukan pemanenan pada pagi hari.

Demikian artikel pembahasan tentang”5 Panduan Lengkap Cara Menanam Cabe Merah Dalam Pot atau Polybag Dengan Mudah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa