Cara Menanam Cengkeh Yang Baik Agar Cepat Berbuah

Posted on

Panduan Lengkap Cara Budidaya Dan Menanam Cengkeh Yang Baik Agar Cepat Berbuah

Cengkih atau Cengkih adalah tangkai bunga kering yang memiliki aroma dari famili Myrtaceae. Cengkih merupakan tanaman asli Indonesia yang banyak digunakan sebagai bumbu masakan.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Divisi: Angiospermae
(tidak termasuk): Eudikotils
(tidak termasuk): Rosids
Ordo: Myrtales
Famili: Myrtaceae
Genus: Syzygium
Spesies: S. aromaticum

Cengkeh menjadi salah satu komoditi pertanian yang penting dalam perdagangan, jadi banyak orang yang membudidayakan cengkeh karena rempah ini selain untuk memenuhi permintaan lokal, rempah ini juga untuk memenuhi permintaan luar negeri.

Cara Menanam Atau Budidaya Cengkeh

a. Syarat Tumbuh
Cengkeh dapat tumbuh dengan baik pada daerah beriklim panas dengan curah hujan merata. Suhu udara yang baik untuk budidaya cegkeh adalah sekitar 22°C hungga 30°C dengan curah hujan sekitar 1500 mm – 4500 mm/ tahun. Tanah yang baik untuk menanam cengkih adalah tanah yang gembur, tidak berpadas, berlapis tanah liat dan tanah berpasir.

b. Penyemaian Bibit Cengkih
Pilihlah bibit cengkih atau cengkeh yang berkualitas bagus yaitu berwarna kuning muda hingga ungu kehitaman, Lalu kulit buahnya dikupas dengan perlahan, setelah itu rendam dalam air selama lebih kurang 24 jam. Setelah direndam, cuci kembali sambil digosok dan diaduk dalam air sebanyak 2 hingga 3 kali pencucian sampai lendir benar-benar hilang.

Penyemaian bibit cengkih dilakukan dengan menggunkan polybag tanam, polybag tanam diisi dengan menggunakan media tanam berupa tanah gembur yang dicampur dengan pupuk kandang , setelah itu siram media tanam lalu semaikan biji benih dengan posisi bagian yang agak meruncing diatas lalu timbun kembali dengan tanah. Benih yang baik akan tumbuh kurang dari 3 minggu setelah penyemaian.

Kelembaban media tanam perlu dijaga yaitu dengan melakukan penyiraman dengan hati-hati jangan sampai merusak bibit cengkih. Tempatkan bibit pada tempat yang teduh dan hanya berpotensi terkena matahari 25%. Untuk memindahkan bibit pada lahan tanam, tunggu hingga bibit berumur 1 hingga 2 tahun.

c. Penanaman Bibit Cengkih
Lahan tanam yang akan digunakan untuk menanam cengkih di bersihkah dahulu dari gulma, kemudian tanah dibajak atau dicangkul kemudian digaruk hingga tanah menjadi gembur lalu diberi pupuk kandang. Buatlah juga drainase tanah, Lalu diamkan beberapa hari. Setelah itu, buatlah lubang tanam dengan jarak antar lubang tanam sekitar 8 meter x 8 meter, lalu masukkan bibit dalam lubang tanam secara hati-hati, timbun kembali bibit dengan tanah yang dicampur pupuk kandang kembali.

d. Perawatan Tanaman Cengkih
Lakukan perawatan pada tanaman cengkih secara intensif dari usia tanam 1 tahun hingga 4 tahun. Lakukan penyiangan pada gulma yang mengganggu tanaman cengkih dengan cangkul secara rutin. Lakukan pula pemupukan secara berkala yaitu pada 2 tahun pertama pemupukan dilakukan setiap 4 bulan sekali dengan pupuk NPK sebanyak 1,5 kg / pohon. Pemberian pupuk dilakukan dengan membenamkannnya mengelilingi pohon cengkeh dengan lebar sama dengan lebar tajuk pohon. Lakukan pula pengendalian penyakit yang menyerang tanaman cengkih dengan tepat.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Cengkeh Yang Baik Agar Cepat Berbuah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa