Cara Menanam dan Budidaya Bunga Camelia Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam dan Budidaya Bunga Camelia Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula – Bunga Camelia merupakan tanaman berbunga yang berasal dari genus Theaceae yang bisa ditemukan di Asia Timur, Asia Selatan dan dari Himalaya timur ke Jepang hingga Indonesia. Tanaman bunga ini memiliki jenis batang berkayu baik berbentuk semak maupun pohon. Jenis bunga camelia yang sering dijumpai yaitu Camellia sinensis yang pucuk daunnya dimanfaatkan untuk membuat teh. Camelia juga dapat digunakan sebagai tanaman hias berbunga. Terdapat sekitar 3000 kultivar jenis dan hibrida bunga camelia diantaranya seperti Camelia japonica, Camelia reticulata, Camellia oleifera dan Camelia sasanqua.

Cara Budidaya Bunga Camelia

Pemilihan dan Persiapan Bibit Bunga Camelia

Pilihlah bibit yang baik dan berkualitas, karena bibit akan menentukan bunga yang akan tumbuh. Bunga camelia memiliki dua jenis kelompok apabila dilihat dari bentuk kelompaknya, ada camelia berkelopak tunggal dan ada camelia bertumpuk. Jika sudah memeilih jenis bunga camelia yang akan ditanam. Bibit bunga camelia yang baik memiliki ciri-ciri berikut ini:

memiliki daun berwarna hijau segar, Bagian tubuh tanaman tidak ada yang terluka, bebas dari hama penyakit, dan biasanya bibit camelia dapat diperoleh melalui stek.

Cara Menanam Bunga Camelia

Setelah bibit bunga camelia siap, selanjutnya lakukan penanaman. Menanam bunga camelia ini dapat dilakukan di dalam pot maupun ke lahan tanam seperti pekarangan atau halaman rumah.

Namun menanam bunga camelia dalam pot lebih mudah dan praktis karena akan lebih mudah dikontrol pertumbuhannya dan media tanamnya akan tetap stabil. Penanaman bibit bunga camelia ini sebaiknya dilakukan pada pagi hari saat cuaca belum terlalu panas. Sebelum bibit dipindah tanamkan ke pot, bibit di diamkan selama 3-5 hari dengan dilakukan penyiraman secara teratur.

Pot yang digunakan untuk menanam bunga camelia ini yaitu pot berdiameter sekitar 15-20 cm meter atau berukuran sedang, selanjutnya siapkan media tanam berupa campuran humus dan akar pakis (direbus terlebih dahulu agar lebih steril) dengan perbandingan 1:1. Kemudian pada bagian dasar dalam pot tanam diberi pecahan batu bata agara media tanam lebih porous, masukkan media tanam setengah bagian lalu masukan bibit kedalam pot dengan hati-hati dan beri media tanam kembali lalu padatkan. Untuk mengurangi penguapan dan merangsang pertumbuhan tunas baru, sisakan 4-5 helai daun saja.

Cara Merawat Bunga Camelia

Lakukan pendangiran pada media tanam bunga kamelia agar kegemburan media tanam tetap terjaga. Jaga kelembaban media tanam dengan melakukan penyiraman secara rutin. Lakukan pula pemupukan anorganik tambahan NPK untuk merangsang pembentukan daun pada awal masa tanam. Selain itu lakukan pula pemupukan dengan pupuk guano dan pupuk organik lainnya setiap 4-5 minggu sekali. Lakukan pula pemangkasan secara rutin pada batang tanaman untuk merangsang pertumbugan tunas baru dan tanaman bisa menjadi rimbun.

Waktu Bunga Camelia Berbunga

Sejak dipindahkan ke dalam pot tanam, bunga camelia membutuhkan waktu 3-4 bulan untuk berbunga. Pada awal bunga muncul lakukan pemangkasan bunga dan sisakan hanya bunga yang memiliki kelopak yang besar saja. Hal ini bertujuan untuk mengoptimalkan munculnya bunga di waktu berikutnya.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Budidaya Bunga Camelia Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula”┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa