Cara Mudah Menanam Dan Budidaya Bunga Rosella

Posted on

Cara Menanam Dan Budidaya Bunga Rosella Yang Baik Dan Benar

Hai Sahabat….Kali ini kita akan membahas tentang cara menanam atau budidaya Bunga Rosella atau Rosela. Nah, berikut adalah penjelasanya secara lengkap.

Bunga Rosela atau Rosella sering juga dikenal dengan Bunga Asam Paya, Asam Kumbang dan Asam Susur serta memiliki nama latin Hisbicus sabdariffa merupakan spesies bunga yang berasal dari benua Afrika. Di Indonesia tanaman ini pada mulanya dijadikan sebagai tanaman bunga untuk dijadikan sebagai penghias halaman rumah, namun seiring dengan banyaknya informasi yang didapatkan selanjutnya bunga rosella juga digunakan sebagai minuman hangat di musim dingin dan dan minuman dingin dimusim panas. Sedangkan di negeri asalnya, Afrika, rosella dijadikan sebagai selai atau jeli. Selai itu didapat dari serat yang terkandung dalam kelopak rosella, sementara di Jamaika tanaman rosella dibuat sebagai salad buah yang dimakan mentah.

bunga rosela

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Eudikotil
(tidak termasuk): Rosidae
Ordo: Malvales
Famili: Malvaceae
Genus: Hibiscus
Spesies: H. sabdariffa

Rosella adalah tanaman semusim dengan 1 kali masa produktifnya, tanaman bunga ini dapat tumbuh subur pada cuaca, suhu ataupum kondisi lahan apapun sehingga mudah untuk dibudidayakan. Berikut adalah Cara Menanam dan Membudidayakan Tanaman Bunga Rosella:

cara menanam atau budidaya bunga rosela atau rosella
Syarat tumbuh
1.Rosella akan tumbuh pada daerah dengan ketinggian sekitar 10 hingga 600 m diatas permukaan laut
2.Suhu yang baik untuk menanam rossela berkisar antara 20°C hingga 34°C

  • Lahan Tanam
    Lahan Tanam untuk menanam rosella pertama kali harus dibersihkan dari tanaman pengganggu atau gulma, lalu penggemburan tanah, setelah itu buatlah bedengan untuk menanamnya, berikan pupuk. jika tingkat keasaman tanah tak seimbang maka lakukanlah pengapuran.
  • Pembibitan
    Bibit diperoleh dengan cara mengambil dari benih tanaman induk yang sudah tua. Selain itu dapat juga dapat diperoleh dengan membeli bibit pada agen benih.
    Sebelum ditanam pada lahan tanam sebaiknya, benih rosella direndam hingga berkecambah. Selain direndam dahulu pembibitan juga bisa dilakukan dengan cara persemaian langsung.
  • Penanaman Dan Pemupukan
    Penanaman dilakukan setelah lahan dan bibit telah siap, Lahan yang telah di buat lubang maka selanjutnya akan diisi dengan benih dengan jumlah 2 hingga 3 biji (jika tanpa perkecambahan dahulu), untuk yang sudah melalui perkecambahan dalam setiap lubang diisi dengan 1 hingga 2 benih bibit.
    Pemupukan harus dilakukan setelah penanaman agar tanaman rosella yang dihasilkan dapat menghasilkan bunga dan buah berkualitas.
  • Perawatan Tanaman
    Pemupukan dan mengatasi hama penyakit pada tanaman rosella perlu dilakukan agar tanaman dapat tumbuh subur dan menghasilkan tanaman yang berkualitas
    Pemupukan dilakukan pada saat tanaman telah mencapai sekitar umur 3 hingga 8 minggu dan pada umur 1 hingga 2 bulan. Pemupukan dilakukan dengan menggunakan urea dan NPK dengan dosis 4:3.
    Hama dan penyakit yang sering menyerang tanaman rosella yaitu kutu daun dan Phytopthora. Hama tersebut perlu diberantas, menggunakan pestisida organik dan selalu menjaga kebersihan lahan sebagai cara penanggulangannya.

Demikian artikel pembahsan tentang”Cara Menanam Dan Budidaya Bunga Rosella“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa