Cara Menanam dan Budidaya Kacang Panjang Dalam Pot/Polybag, Sangat Mudah!

Posted on

Cara Menanam dan Budidaya Kacang Panjang Dalam Pot/Polybag, Sangat Mudah! – Kacang Panjang (Vigna sinensis) adalah jenis tanaman yang berasal dari India dan Afrika Tengah yang kemudian penanamannya menyebar ke wilayah Asia Tropika hingga Indonesia. Nama lain dari kacang panjang adalah kacang lanjaran (Jawa), kacang turns (Pasundan), taukok (Cina), sitao (Philipina), kacang panjang/kacang belut (Malaysia), jurakusasage, paythenkai, yardlong bean, dan asparagus bean. Terdapat 2 jenis kacang panjang yaitu kacang panjang biasa dan kacang panjang usus.

Klasifikasi Ilmiah
Kingdom: Plantae
Divisi: Spermatophyta
Kelas: Angiospermae
Subkelas: Dicotyledonae
Ordo: Rosales
Famili: Leguminoceae
Genus: Vigna
Spesies: Vigna sinensis

Banyak orang yang menyukai kacang panjang ini untuk diolah dengan cara di santan, dioseng, dicampur dalam pecel dan lain sebagainya. Oleh karena itu banyak orang mencoba menanam kacang panjang atau budidaya kacang panjang sebagai tambahan penghasilan mereka. Namun jangan khawatir bagi anda yang tidak memiliki lahan untuk menanam kacang panjang ini, anda dapat menanam kacang panjang di dalam pot atau polybag tanam di rumah. Untuk lebih jelasnya perhatikan penjelasan berikut ini.

Cara Menanam Kacang Panjang Dalam Pot

Persiapan Bibit Kacang Panjang

Pilihlah bibit kacang panjang yang berkualitas agar kacang panjang yang dihasilkan juga berkualitas. Ciri-ciri bibit kacang panjang yang berkualitas yaitu tingkat perkecambahannya diatas 90%, berpenampilan kusam atau bernas, tahan terhadap hama dan penyakit dan pastinya tidak cacat atau rusak. Bibit kacang panjang ini dapat langsung ditanam pada media tanam tanpa harusmelakukan persemaian.

Persiapan Media Tanam

Media tanam yang perlu disiapkan untuk menanam kacang panjang dalam pot atau polybag yaitu tanah subur dan gembur yang sudah diayak (tanah halus), Pupuk kompos (kompos bokashi atau kompos biasa) dan arang sekam.

Jika semua bahan media tanam telah siap, selanjutnya campurkan semua bahan dengan perbandingan 2 : 1 : 1 atau 1 : 1 : 1 dan aduk hingga tercampur rata. Jika sudah siap, selanjutnya masukkan media tanam ke pot/polybag tanam yang akan digunakan.

Penanaman Kacang Panjang Dalam Pot/Polybag

Jika semua sudah siap, selanjutnya lakukan penanaman. Buatlah lubang tanam pada media tanam, lubang tersebut tidak perlu terlalu dalam. Selanjutnya, masukkan benih kacang panjang sebanyak 2 biji ke lubang tanam yang telah dibuat dan tutup kembali dengan media tanam. Penanaman ini sebaiknya dilakukan pada awal musm hujan.

Perawatan Kacang Panjang

Penyulaman
Jika ada bibit kacang panjang yang rusak atau mati segera lakukan penyulaman dan ganti dengan tanaman yang baru agar tanaman kacang panjang dapat tumbuh serentak. Penyulaman ini dilakukan maksimal 5-7 hari setelah penanaman.

Penyiangan
Lakukan penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya yang tumbuh di sekitar tanaman di dalam pot/polybag agar mereka tidak merebut nutrisi pertumbuhan yang dibutuhkan kacang panjang.

Penyiraman
Lakukan penyiraman secara rutin yaitu setiap pagi dan sore hari. Penyiraman ini dilakukan secukupnya saja.

Pemasangan Turus
Turus atau lanjaran ini digunakan sebagai media rambat tanaman kacang. Turus tersebut dapat berupa batang kayu atau belahan bambu dengan ukuran panjang 150-200 cm dan lebar 3 cm. Pemasangan turus ini dilakukan setelah tanaman berumur 2 minggu atau sudah mencapai ketinggian ± 25 cm.

Pemupukan
Lakukan pemupukan jika tanaman kacang panjang telah berumur sekitar 3 minggu. Pemupukan tersebut dapat menggunakan pupuk urea, pupuk sp-36 dan juga KCl dengan dosis secukupnya. Pada saat tanaman menjelang berbunga yaitu berumur 4 minggu setelah tanam dapat dilakukan penyemprotan pupuk daun.

Pemanenan Kacang Panjang

Tanaman kacang panjang mulai berbunga pada umur 30 hari setelah tanam. Polong muda dapat mulai dipanen setelah berumur 45 hari. Ciri kacang panjang yang sudah dapat dipanen yaitu polong sudah terisi penuh, mudah dipatahkan dan warnanya hijau merata hingga hijau keputihan.

Pemanenan kacang panjang dipetik dengan cara memutar bagian pankal polong.Pemanenan ini dapat dilakukan secara bertahap dengan selang waktu 3 hari. Pemanenan ini sebaiknya dilakukan pada pagi hari.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Budidaya Kacang Panjang Dalam Pot/Polybag, Sangat Mudah!“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa