Cara Menanam dan Budidaya Pakcoy/Pak Choi Yang Baik Dan Benar

Posted on

Cara Menanam Pakcoy/Pak Choi Yang Baik Dan Benar

Hai Sahabat…Kali ini kita akan membahas tentang Cara budidaya Pakcoy. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut ini.

Pakcoy atau Pak Choi (Brassica Chinensis) yaitu salah satu jenis sayuran yang masih dalam golongan yang sama dengan sawi. Pakcoy biasanya disebut juga dengan sawi sendok, sawi daging, atau sawi manis.

pakcoy
Pakcoy memiliki banyak kandungan gizi dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi, oleh sebab itu banyak orang yang ingin membudidayakan pakcoy. Berikut adalah cara budidaya Pakcoy:

budidaya pakcoy

  • Syarat Tumbuh

Pakcoy dapat tumbuh pada daerah tropis dan subtropis baik itu dataran rendah maupun tinggi asalkan tanah untuk menanam sayuran tersebut kaya akan unsur hara dan tersinari oleh sinar matahari dan terdapat air yang cukup. Tanah untuk menanam setidaknya memiliki pH sekitar 5,5 sampai 6.

  • Lahan Tanam

Tanah pada lahan untuk menanam pakcoy sebaiknya digemburkan dahulu, lalu buatlah bedengan dengan lebar bedengan berkisar 2 meter dengan panjang menyesuaikan panjang lahan. Ratakan bedengan lalu beri pupuk kompos dengan dosis per hektarnya antara 7-10 ton.Lalu padatkan tanah dan pupuk kompos dengan menyirami menggunakan air. Jangan lupa beri jarak antar bedeng sekitar 50 cm untuk saluran air.

  • Pembibitan

Pembibitan bisa dilakukan dengan persemaian langsung pada bedengan tapi dipisah dengan bedengan utamanya hingga bibit berdaun. Bisa juga di lakukan persemaian bibit pada polybag. Caranya taburkan bebih bibit pada polybag ataupun bedengan yang telah ada kemudian tutup dengan tanah lagi sekitar 2 cm,Sirami bibit benih dengan cara di semprot. Tanaman bibit benih akan tumbuh daun sekitar 3-5 helai daun pada hari ke 3 atau 4 setelah persemaian, setelah itu benih dapat di pindahkan pada bedengan utama.

  • Penanaman Bibit

Setelah bedengan dan bibit sudah siap, maka buatlah lubang tanam pada bedengan dengan ukuran 4 cm x 6 cm atau 8 cm x 10 cm. Setelah lubang siap pindahkan bibit dari media tanam yang lain pada bedengan utama.

  • Perawatan Tanaman

Perawatan yang perlu dilakukan saat membudidayakan pakcoy, antara lain: pemupukan,penyiangan, penjarangan,dan penyiraman.

  1. Pemupukan
    pemupukan dilakukan bisa dilakukan menggunakan pupuk NPK ataupun Urea, jika menggunakan NPK setiap hektar diberi dengan dosis sekitar 300 kilogram ssedangkan jika menggunakan Urea dosis yang diberikan untuk per hektarnya adalah 50 kilogram.
  2. Penyiangan
    Selama masa tanam penyiangan dapat dilakukan setidaknya 2 sampai 4 kali.
  3. Penjarangan
    Penjarangan tanaman juga perlu dilakukan yaitu pada saat tanaman telah memasuki 2 minggu setelah penanaman.
  4. Penyiraman
    Penyiraman harus dilakukan dengan rutin apalagi pada saat musim kemarau.
  • Hama Dan Penyakit

Hama Dan Penyakit yang sering menyerang tanaman pakcoy antara lain siput,tritip,cacing bulu, ulat, jamur, serta bakteri. Semua itu dapat diatasi denagn mudah apabila diberikan penanganan yang baik dan benar.

  • Pemanenan

Pakcoy dapat dipanen ketika sudah mencapai umur 28 hingga 30 hari setelah penanaman tergantung cuaca,bibit serta perawatannya.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Budidaya Pakcoy/Pak Choi Yang Baik Dan Benar“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa.