Panduan Cara Menanam dan Budidaya serta Merawat Bunga Rombusa Bagi Pemula

Posted on

Panduan Cara Menanam dan Budidaya serta Merawat Bunga Rombusa Bagi Pemula – Rombusa adalah tanaman bunga semak yang memiliki bunga berwarna putih keunguan. Bunga rombusa tumbuh jarang dan hanya memiliki empat mahkota bunga. Tanaman rombusa tergolong tanaman semak dengan daun lancip, tanaman ini merupakan tanaman rimbun dan memiliki batang kecil. Tanaman rombusa biasanya digunakan sebagai tanaman pagar, namun selain itu tanaman rombusa sering dijadikan tanaman hias di pekarangan rumah. Tanaman hias rombusa ini termasuk tanaman yang tahan terhadap panas dan kering. Tanaman rombusa ini juga dapat tumbuh di daerah dataran tinggi maupun dataran rendah.

Jika anda ingin menanam atau budidaya bunga ini untuk dijadikan sebagai tanaman pagar di rumah anda berikut selengkapnya.

Cara Menanam dan Merawat Bunga Rombusa

Persiapan Bibit Bunga Rombusa

Seperti kebanyakan tanaman semak, tanaman rombusa ini dapat diperbanyak melalui stek batang. Stek dilakukan setelah tanaman memiliki batang yang cukup berkayu dan ukurannya sudah cukup untuk dijadikan bibit stek. Jika sudah ditentukan batang yang akan di stek, potong miring batang dengan menggunakan pisau yang tajam agar batang tidak rusak. Setelah itu, bibit dapat disimpan ditempat yang lembab atau langsung ditanam.

Cara Menanam Bunga Rombusa

Pertama, olah terlebih dahulu media tanam yang akan digunakan. Media tanam tersebut dapat dibuat dari campuran tanah dan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan sebanyak 1:1. Jika media tanam sudah siap, selanjutnya tancapkan bibit bunga rombusa tersebut dengan arah tegak lurus keatas. Usahakan tanaman ditancapkan dengan kedalam sekitar 10 cm agar nantinya tanaman memiliki perakaran yang kuat sebagai pagar. Kemudian, siram bibit dengan air agar bibit tidak layu setelah tanam.

Cara Merawat Bunga Rombusa

Lakukan penyiraman pada tanaman rombusa secara rutin yaitu sebanyak sekali dalam sehari agar tanaman cepat tumbuh. Penyiraman tersebut dilakukan secukupnya saja, jangan sampai terlalu lembab, karena tanaman ini tidak menyukai tanah yang lembab. Selain itu, jangan lupa juga lakukan pemupukan. Pemberian pupuk ini bertujuan sebagai nutrisi tanaman agar batang dan daunnya tumbuh lebat. Pemberian pupuk tersebut dapat dilakukan setiap 1-2 bulan sekali khususnya pupuk daun.

Demikian artikel pembahasan tentang”Panduan Cara Menanam dan Budidaya serta Merawat Bunga Rombusa Bagi Pemula“, ¬†semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa