Palem Merah

Cara Menanam dan Budidaya Tanaman Hias Palem Merah Di Rumah

Posted on

Cara Menanam dan Budidaya Tanaman Hias Palem Merah Di RumahPalem merah adalah salah satu jenis tanaman hias yang masuk dalam keluarga palem-paleman. Banyak orang yang menanam palem merah ini untuk tanaman hias di pot ataupun lahan di halaman rumah mereka. Pohon pelem merah memiliki keunikan dibanding palem jenis lain. Palem merah memiliki warna kelopak dibawah daunnya merah menyala, batangnya berukuran sedang dan daunnya yang tidak menjuntai panjang dan terlalu lebar. Bagi anda yang ingin menanam palem merah , perawatannya sangat mudah. Berikut ini adalah cara menanam tanaman hias palem merah:

Cara Menanam Tanaman Hias Palem Merah

Pembibitan Palem Merah

Untuk menghasilkan anakan palem merah tergolong cukup sulit dan membutuhkan waktu yang lama yaitu sekitar 1 bulan. Ada 2 cara untuk menghasilkan anakan palem merah yaitu melalui irisan bertahap atau melalui irisan langsung.

Irisan bertahap dilakukan dengan cara mengiris bagian rimpangan anak sebesar seperempat bagiannya secara bertahap dengan selang waktu 10 hari. Irisan ini dilakukan hingga setengah bagian, tiga per empat bagian hingga akhirnya dapat dilepas dari induknya. Sedangkan irisan langsung dilakukan dengan cara mengiris secara langsung anakan hingga putus namun tidak melepaskannya dari rumpun. Biarkan irisan tersebut berkembang selama beberapa bulan. Setelah itu, barulah gali tanah di sekitaran irisan anakan dan angkat bagian tersebut dengan menggunakan teknik putaran.

Pengolahan Media Tanam Palem Merah

Palem merah dapat di tanam dalam media tanam berupa pot. Namun, pot yang baik untuk budidaya palem merah yaitu pot yang terbuat dari tanah liat. Untuk ukuran pot dapat disesuaikan dengan ukuran induk dari bibit palem yang akan ditanam. Media tanam yang digunakan yaitu campuran tanah yang memiliki pH 6,5 dengan pasir dan pupuk kandang dengan perbandingan 1 : 1 : 1 atau bisa juga dengan menggunakan media tanam berupa campuran sekam padi, sabut kelapa dan pasir dengan perbandingan 1 : 2 : 1. Apabila kondisi tanah terlalu asam maka lakukan pengapuran dengan menggunakan kapur dolomite dengan dosis sekitar 200 gram/10 kg media tanam.

Penanaman Palem Merah

Jika akan melakukan penanaman pada lahan pekarangan rumah secara langsung dan tidak di pot, maka berikan jarak antar tanaman palem merah sekitar 3 meter. Pertama 2 minggu sebelum tanam, buatlah lubang tanam dengan ukuran sekitar 30 x 30 x 30 cm atau bisa juga disesuaikan dengan ukuran tanaman palem merah yang akan ditanam. Jika sudah semua, selanjutnya lakukan penanaman palem merah. Masukkan bibit palem merah dalam lubang tanam yang sudah disiapkan, setelah itu timbun kembali hingga bagian pangkal batang dan padatkan.

Perawatan Tanaman Hias Palem Merah

Pemupukan
Pemupukan dilakukan sesuai dengan besar ukuran palem merah yang ditanam. Intensitas pemberian pupuk pun ditentukan. Untuk pupuk organik diberikan sebanyak 2 hingga 4 kali dalam setahun sedangkan pupuk anorganik diberikan sebanyak 2 hingga 3 kali dalam setahun.

Pengairan
Jumlah air yang dibutuhkan untuk palem merah dapat disesuaikan dengan ukuran dan kondisi cuaca. Lakukan pemberian air secukupnya saja dan jangan berlebihan.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Budidaya Tanaman Hias Palem Merah Di Rumah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa