Cara Menanam dan Merawat Anggrek Dendrobium Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Anggrek Dendrobium Bagi Pemula – Selain anggrek bulan, ada jenis tanaman anggrek lain yang populer yaitu anggrek dendrobium. Anggrek Dendrobium ini rajin berbunga dan bunga anggrek dendrobium ini dapat bertahan kurang lebih hingga dua minggu bahkan satu bulan lebih pada jenis tertentu.

Terdapat berbagai jenis anggrek dendrobium ini, mulai jenis anggrek dendrobium species hingga anggrek dendrobium hybrid. Jenis anggrek dendrobium diantaranya dendrobium agregatum,dendrobium anosmum, dendrobium antennatum, dendrobium antennatum, dendrobium aphyllum, dendrobium archipilangense, dendrobium bifalce, dendrobium bracteosum, dendrobium capituliflorum, dendrobium finisterae dan banyak lagi yang lainnya.

Kalian ingin menanam dan merawat bunga ini namun tidak tahu caranya, nah kali ini kita akan membahas tentang cara menanam dan merawat anggrek dendrobium. namun sebelumnya kalian harus mengetahui karakteristik bunga anggrek dendrobium.

Karakteristik Anggrek Dendrobium

Anggrek dendrobium sangat menyukai ruangan dengan sirkulasi udara yang lancar dan tidak pengap. Namun jika tidak memungkinkan, tanaman hias ini harus diletakan pada ruang tertutup, maka solusinya yaitu dengan memberikan kipas angin.

Kebutuhan sinar matahari anggrek dendrobium yaitu sekitar 50% – 60%. Akan tetapi peletakkannya jangan terpapar sinar matahari secara langsung sebaiknya berikan naungan berupa paranet atau diletakan di bawah pohon, teras dan lainnya. Temperatur yang ideal untuk anggrek dendrobium ini yaitu sekitar 28°C- 32°C dan kelembaban 50% merupakan suhu yang paling ideal untuk tanaman anggrek dendrobium.

Spesies anggrek dendrobium banyak tersebar di hutan tropis terutama di Indonesia. Jenis anggrek epifit ini sangat tahan terhadap kekurangan air. Hanya dengan mengandalkan kelembaban udara lingkungan dendrobium dapat tumbuh dengan subur. Apabila kalian ingin menanam anggrek dendrobium maka kalian tidak usah khawatir karena anggrek dendrobium termasuk jenis anggrek yang rajin berbunga. Setiap berbunga, anggrek ini dapat berbunga hingga lebih dari dua tangkai. Namun agar mendapatkan hasil tersebut maka perlu dilakukan perawatan yang maksimal.

Cara Merawat Anggrek Dendrobium

Untuk memenuhi kebutuhan air, lakukan penyiraman sebanyak dua kali sehari dengan waktu penyiraman yaitu pada pukul 08.00 WIB dan pukul 16.00 WIB. Tapi jika kondisi cuaca sedang hujan, penyiraman cukup dilakukan sehari sekali yaitu sekitar pukul 15.00 WIB. Jika kalian ingin membedakan anggrek dendrobium yang telah mendapatkan cukup air dan yang kurang, kalian dapat melihat perbedaanya dengan cara melihat kondisi batang. Jika batang terlihat kokoh dan padat berarti anggrek sudah cukup menerima air, dan jika batang terlihat mengerut, maka dipastikan anggrek dendrobium masih kekurangan air.

Agar anggrek dendrobium terhindar dari serangan serangga atau penyakit, maka lakukan pemberian insektisida dan fungisida. Pemberian insektisida dan fungisida dalam diberikan setiap seminggu sekali dengan waktu penyemprotan pada sore hari sekitar pukul 16.00 WIB.

Lakukan pula pemupukan, pemupukan dapat dilakukan setiap dua minggu sekali dengan menggunakan pupuk yang mengandung unsur Nitrogen (N), Phospor (P) dan Kalium (K). Caranya : pupuk NPK dilarutkan dengan air lalu disemprotkan disekitaran akar-akar anggrek dendrobium.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Anggrek Dendrobium Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa