Cara Menanam dan Merawat Bonsai Apel di Pot Agar Sukses Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Bonsai Apel di Pot Agar Sukses Bagi Pemula – Apel atau Malus domestica adalah salah satu jenis buah yang berasal dari genus Malus dan masuk dalam famili Rosaceae. Buah apel memiliki buah dengan kulit berwarna merah, hijau atau kuning dan daging buahnya berwarna putih agak keras kadang juga ada yang masir. Apel pertama kali ditanam oleh orang Asia Tengah.

Apel biasanya dimakan mentah-mentah tanpa diolah, kadang juga apel diolah menjadi minuman sari apel, saus apel, cuka apel,keripik apel dan masih banyak lagi lainnya.

Klasifikasi Ilmiah Apel
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Rosales
Famili: Rosaceae
Subfamili: Maloideae atau Spiraeoideae
Bangsa: Maleae
Genus: Malus
Spesies: Malus domestica

Nah, kali ini kita akan membahas tentang cara menanam bonsai apel. Berikut selengkapnya:

Cara Menanam Bonsai Apel

Persiapan Bibit Apel

Pilih benih apel yang berasal dari biji. Benih biji apel tidak dapat langsung ditanam ke media, namun harus dipecahkan masa dormansinya agar bisa berkecambah. Cara memcahkan masa dormansi yang efektif yaitu dengan merendam biji apel dalam air selama 14 hari. Selanjutnya, tanam biji apel ke media cocopeat hingga berkecambah. Setelah benih memiliki daun minimal berjumlah 3-4 daun, bibit apel dapat dipindahkan ke wadah tanam.

Persiapan Tempat dan Media Tanam Bonsai Apel

Siapkan tempat tanam berupa pot keramik dengan ukuran yang dapat disesuaikan dengan keinginan anda, tapi pastikan wadah atau pot tersebut berukuran cukup lebar agar tanaman bonsai apel tumbuh dengan nyaman.

Siapkan pula media tanam berupa campuran tanah coklat kemerahan atau jenis tanah gunung yang kehitaman sebanyak 50%, pasir sebanyak 20%, kompos sebanyak 20% dan pupuk kandang yang telah matang sebanyak 20%.

Penanaman dan Perawatan Bonsai Apel

Jika semuanya sudah siap segera lakukan penanaman. Setelah itu, lakukan perawatan dengan baik dan perawatan dengan baik. Bonsai apel menuntut kelembapan di atas 75% sehingga pastikan media tanam selalu lembap dengan cara selalu lakukan penyiraman tipis-tipis saja jangan terlalu tergenang. Selain itu, tanaman bonsai apel juga membutuhkan sinar matahari sehingga pastikan tanaman apel mendapatkan sinar matahari pagi. Lakukan pula pemangkasan secara berkala agar diperoleh tanaman apel yang berimbang.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Menanam dan Merawat Bonsai Apel di Pot Agar Sukses Bagi Pemula“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa