Cara Menanam dan Merawat Buah Tin Agar Cepat Berbuah dan Panen Mudah dan Sukses

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Buah Tin Agar Cepat Berbuah dan Panen – Tin atau Ara ialah salah satu jenis tumbuhan penghasil buah yang dapat dimakan. Tumbuhan dengan nama ilmiah Ficus carica ini berasal dari Asia Barat. Buah yang di hasilkan tumbuhan ini sama dengan nama tumbuhannya yaitu Tin,” kata Tin berasal dari bahasa Arab yang dikenal juga dengan Ara (buah ara atau pohon ara). Tumbuhan ini sebenarnya masih berkerabat dengan pohon beringin dari genus yang sama yaitu Ficus.

Pohon buah tin dapat tumbuh hingga ketinggian sekitar 10 cm dengan batang lunak berwarna abu, daun agak besar berlekuk kedalam dengan 3-5 cuping. Yang disebut dengan buah sebenarnya adalah dasar bunga yang membentuk bulatan, ukuran panjang buahnya sekitar 3-5 cm. Buah tersebut memiliki warna hijau saat muda dan berwarna ungu apabila telah masak. Pohon buah tin mengandung getah yang dapat mengeobati iritasi.

Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Rosales
Famili: Moraceae
Genus: Ficus
Subgenus: Ficus
Spesies: F. carica

Buah tin dikenal sebagai buah suci dari taman surgawi, julukan nama tersebut diberikan karena buah tersebut disebutkan dalam al-qur’an yaitu dalam surat at-tin. Buah tin juga memiliki banyak manfaat seperti dapat meningkatkan sistem imun, mengontrol kadar gula darah
meluruhkan batu ginjal, menurunkan kadar lemak jahat dalam tubuh mencegah penuaan dini, mengobati sakit tenggorokan, mengobati bisul dan berbagai masalah kesehatan lainnya.

Kini banyak orang mulai melakukan budidaya buah tin ini karena manfaat yang terkandung didalamnya, namun bagi anda yang tidak memiliki lahan yang luas untuk melakukan budidaya buah tin ini anda dapat menanam buah tin di dalam pot.

Cara Menanam Buah Dalam Pot

Persiapan Bibit Buah Tin

Bibit buah tin dapat diperoleh dari hasil cangkok ataupun stek. Cara mencangkok buah tin bisa dilakukan pada bagian batang atas pohon buah tinyang masih muda dan tanpa mengerat. Batang buah tin dibungkus dengan menggunakan plastik berisi media tanam dapat berupa kompos, cocopit atau campuran tanah. Bungkus rapat batang buah tin dan diikat dengan tali rafiah. Penyiraman dilakukan sesuai kebutuhan saja. Setelah berumur sekitar 35-45 hari akar sudah muncul pada batang cangkok, lalu cangkokan buah tin siap untuk dipindahkan dalam media pot.

Untuk mendapatkan bibit buah tin dengan cara stek batang, caranya potong batang buah tin yang sudah tua atau telah berwarna cokelat tua atau hitam. Pemotongan batang tersebut dilakukan secara miring setelah itu tancapkan ke media semai ytang terbuat dari campuran tanah, pasir dan kompos. Lakukan penyiraman seperlunya saja. Setelah berumur sekitar 35-45 hari, akar mulai tumbuh dengan jumlah banyak dan bibit stek buah tin dapat dipindahtanamkan dalam pot.

Cara Menanam Buah Tin

Bibit buah tin yang sudah siap tanam dapat dipindahkan ke dalam pot. Media tanam yang digunakan untuk menanam buah tin dalam pot yaitu berupa campuran tanah, pasir dan kompos atau cocopit, kompos dan sekam. Penanaman buah tin dilkukan secara hati-hati agar akar bibit buah tin baik bibit cangkok maupun stek tidak rusak. Media tanam yang sudah disiapkan masukkan ke dalam pot. Buat lubang tanam dalam media tanam, masukkan bibit buah tin kemudian urug lagi dengan media tanam dan padatkan media tanam disekeliling batang buah tin.

Cara Merawat Buah Tin

Dengan penyiraman yang maksimal maka buah tin akan tumbuh dengan maksimal. Pot buah tin di tempatkan pada tempat yang tertuka agar mendapatkan sinar matahari secara langsung. Lakukan penyiraman sebanyak 2-3 kali sehari agar kelembapan media tanamnya tetap terjaga. Lakukan pula pemupukan dengan menggunakan pupuk NPK dan pupuk kompos. Jika tanaman buah tin terserang hama penyakit, lakuka pengambilan hama secara manual atau membuang bagian tanaman yang terserang hama dan penyakit. Jika hama dan penyakit tersebut masih belum bisa dikendalikan maka dapat menggunakan pestisida sesuai dosis yang ditentukan.

Masa Panen Buah Tin

Buah tin dapat dilakukan 4 bulan setelah tanam. Buah tin adalah buah yang tidak kenal musim.

Demikian artikel tentang”Cara Menanam dan Merawat Buah Tin Agar Cepat Berbuah dan Panen“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai Jumpa