Cara Mudah Menanam dan Merawat Bunga Alamanda Dalam Pot Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Bunga Alamanda Dalam Pot Bagi Pemula – Tanaman hias bunga alamanda (Allamanda cathartica) adalah tanaman bunga yang berasal daru Brazil. Bunga alamanda berwarna kuning dan bentuknya seperti terompet. Tanaman bunga alamanda ini mudah berbunga dan daunnya disukai ulat. Batangnya keras dan bergetah.

Klasifikasi Ilmiah Bunga Alamanda
Kingdom : Plantae
Phylum : Basidiomycota
Class : Magnoliopsida
Ordo : Apocynales
Famili : Apocynaceae
Genus : Allamanda
Species : Allamanda cathartica

Tanaman bunga alamanda ini banyak ditanam sebagai tanaman hias halaman atau tanaman rambat penhias pagar rumah. Biasanya bunga alamanda dibudidayakan atau tanam melalui cara stek meskipun dapat juga dibudidayakan melalui biji. Umumnya memang bunga alamanda ini berwarna kuning, namun seiring perkembangan, bunga alamanda memiliki berbagai warna karena hasil penyilangan atau stek ada bunga alamanda putih, ungu, merah muda dan juga oranye.

Bunga alamanda memiliki banyak manfaat, manfaat bunga alamanda yaitu : getah batangnya dapat digunakan untuk mematikan belatung dan jentik nyamuk, obat penyakit kanker, dan pencegah kuman dan bakteroi; daunnya dapat digunakan sebagai obat sembelit, mengobati deman, dan penawar racun; akarnya dapat mencegah penyakit kuning; bunganya untuk mencegah komplikasi malaria dan pembengkakkan limpa; batangnya untuk obat disentri.

Karena selain untuk tanaman hias namun juga memiliki banyak manfaat khasiat banyak ootrang mulai menanam bunga alamanda ini. Jika anda ingin menanam bunga alamanda, berikut cara selengkapnya:

Cara Menanam Bunga Alamanda Dalam Pot

Persiapan Pot Tanam

Pilih dan siapkan pot yang sesuai dengan ukuran tanaman bunga alamanda yang akan ditanam dan pastikan pot memiliki lubang drainase yang cukup.

Persiapan Media Tanam

Media tanam yang perlu disiapkan adalah media tanam berupa campuran tanah dan pupuk kandang yang telah matang atau kokompos. Setelah dicampurkan secara merata, diamkan media tanam selama 5-6 hari dan biarkan terkena sinar matahari tujuannya agara bibit hama dan penyakit pada media tanam mati.

Persiapan Bibit Bunga Alamanda

perbanyakan bibit bunga alamanda dapat dilakukan dengan cara generatif melalui biji ataupun dengan cara vegetatif melalui cangkok atau stek.Pilihlah bibit yang sehat dan segar serta memiliki batang yang cukup kokoh.

Penanaman Bunga Alamanda Dalam Pot

Setelah semuanya siap, lakukan penanaman. Masukkan bibit dalam pot dengan posisi tegak lurus, selanjutnya masukkan media tanam yang telah di siapkan dalam pot hingga hampir penuh.

Cara Merawat Bunga Alamanda

Lakukan penyiraman secara rutin dengan mengunakan gembor hingga seluru bagian tanaman dan media tanamnya basah. Selain penyiraman, lakukan pemupukan secara rutin yaitu setiap sebulan sekali agar nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan tanaman bunga alamanda terpenuhi. Selain itu lakukan pula pemberian hormon perangsang bunga agar bunga tumbuh lebih cepat setiap interval 2 minggu sekali.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Bunga Alamanda Dalam Pot Bagi Pemula“,┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa