Cara Menanam dan Merawat Bunga Anyelir Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Bunga Anyelir Bagi PemulaBunga anyelir atau bunga teluki (Dianthus caryophyllus) adaah salah satu tanaman hias pekarangan dan pot yang populer. Tanaman bunga anyelir berasal dari kawasan Mediterania. Bunga anyelir ini memiliki warna yang terang dan berwarna-warni, ada dua jenis tanaman anyelir yakni satu tangkai satu bunga dan satu tangkai banyak bunga. Bunga anyelir ini dapat hidup hingga 18-20 bulan. Tanaman bunga anyelir dapat tumbuh hingga ketinggian 2 meter.

Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Caryophyllales
Famili: Caryophyllaceae
Genus: Dianthus
Spesies: D. caryophyllus

Karena bunga anyelir ini sangat indah dan cocok dijadikan sebagai tanan hias di pekarangan rumah, banyak orang yang mencoba menanam dan merawatnya. Berikut ini adalah cara menanam dan merawat bunga anyelir:

Cara Menanam dan Merawat Bunga Anyelir

Persiapan Bibit Bunga Anyelir

Apabila satu tangkai berisi satu bunga maka diklasifikasikan dalam teluki sedangkan satu tangkai berisi lebih dari satu bunga di klasifikasikan dalam spray.

Sebelum melakukan penanaman, perlu disiapkan bibit bunga anyelir. Bibit bung anyelir dapat kalian peroleh dari petani bunga anyelir atau membelinya di toko pertanian. Jika benih telah didapatkan, selanjutnya lakukan penyemaian jika sudah bertunas dan tumbuh dengan sempurna, bibit dapat dipindah tanamkan.

Persiapan Media Tanam

Jika sudah tumbuh sempurna, bibit dipindah tanamkan ke media lain seoperti pot, polybag atau ke tanah langsung sesuai dengan kebutuhan. Apabila untuk kebutuhan budidaya penanam sebaiknya dilakukan ke tanah langsung. Lubangi tanah dengan ukuran tertentu dan jarak yang tidak tertlalu rapat dengan begitu tanaman akan mendapatkan oksigen yang cukup dan tidak mengganggu pertumbuhan antar tanaman.

Jika lubang tanam telah dibuat, selanjutnya campurkan tanah galian dengan kompos dan pasir dengan perbandingan 1:1:1, jika sudah dicampur masukkan ke lubang tanam hingga 2/3 bagian lubang lalu tanam bibit bunga di lubang tanam yang telah disiapkan. Lakukan penyiraman agar tanah disekitar tanaman tertutup rapat.

Cara Merawat Bunga Anyelir

Untuk mencegah hama dan pembusukan akar, kita dapat membuat tudung di sekitar bunga. Tanaman bunga ini membutuhkan banyak air namun tidak berlebihan karena dapat mematikan tanaman bunga anyelir. Daun juga menjadi pintu masuk hama seperti cendawan. Tudung plastik dubuat lebih tinggi dari kita dan lebih lebar dari lahan tanam.

Setelah dua minggu penanaman, tunas akan tumbuh lebih besar. Biasanya, pada umur satu bulan, batang sudah kokoh dan sudah banyak ditumbuhi daun. Selain itu, jarak 20 cm antara tumbuhan ini akan mengecil.

Penyiraman bunga anyelir dapat dilakukan 2 kali sehari yaitu pagi hari pada pukul 6-8 dan sore hari namun hanya dilakukan dengan menyemprotkan air diluar tumbuhan. Selain itu lakukan penggemburan tanah disekitar tanaman dengan menggunakan cagkul agar tanah dapat menyerap air dengan baik.

Masa Panen Bunga Anyelir

Setelah 5 bulan penanaman, bunga atelir dapat mulai dipanen. Bunga anyelir akan tumbuh sesuai jenisnya. Cara panen bunga anyelir yaitu dengan memotong bunga 30 cm dari tanah, pemanenan tersebut dilakukan pada sore hari sekitar pukul 4 sore. Setelah dipanen, ikat setiap 12 tangkai bunga lalu rendam agar air terserap dan bunga anyelir dapat bertahan lebih dari 1-2 minggu.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Bunga Anyelir Bagi Pemula“,┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa