Cara Menanam Dan Merawat Bunga Aster Dengan 4 Langkah Mudah

Posted on

Cara Menanam Dan Merawat Bunga Aster Dengan 4 Langkah Mudah

Hai Sahabat….Kali ini kita akan membahas tentang cara menanam dan merawat bunga aster. Untuk lebih jelasnya mari simak pembahasannya berikut ini.

Bunga Aster adalah salah satu jenis bunga yang berasal dari Tiongkok, bunga ini dapat tumbuh dengan ketinggian rata-rata sekitar 30 cm hingga 70 cm. Bunga aster berdaun susun dan memiliki banyak variant warna seperti putih, ungu, biru, pink dan lainnya dengan bagian tengah berwarna kuning.

cara-menanam-dan-merawat-bunga-aster-dengan-4-langkah-mudah

Klasifikasi ilmiah Aster
Kerajaan: Plantae
(tidak termasuk): Angiosperms
(tidak termasuk): Eudicots
(tidak termasuk): Asterids
Ordo: Asterales
Famili: Asteraceae
Upafamili: Asteroideae
Bangsa: Astereae
Genus: Aster

Karena keindahan bunga dan warnanya yang menarik serta bunga aster dapat berbunga sepanjang musim, bunga aster kini banyak ditanam oleh banyak orang. Nah, kali ini kita akan membahas tentang cara menanam bunga aster. Berikut adalah cara menanam dan merawat tanaman bunga aster :

  • Pembibitan

Untuk mendapatkan bibit bunga aster, anda bisa mengambil benih bibit dari tanaman aster secara langsung atau membeli benih bibit di toko. Tanaman yang bagus untuk diambil untuk benih adalah tanaman yang memiliki umur sekitar 6 bulan hingga 12 bulan. Ambil bunga pada tanaman yang dibuat benih, lalu jemur bunga hingga kering. Jika sudah kering pisahkan biji dari bunga.

  • Persiapan Penanaman Benih

Jika sudah memperoleh benih, selanjutnya benih tidak di tanam pada media tanam permanen melainkan disemaikan terlebih dahulu pada media semai. Media semai dibuat dari campuran tanah dengan pasir dan juga pupuk kandang/kompos yang halus ( 1 : 1 :1). Kemudian semaikan benih pada media semai, lalu tutup dengan media tanam lagi tetapi tipis. Lakukan penyiraman untuk menjaga kelembaban media secara rutin. Jika sudah menjadi bibit dengan 4 hingga 5 helai daun, bibit aster dapat dipindahkan pada media tanam permanen.

  • Penanaman

Pada penanaman, bibit bunga ditanam pada polybag atau pot yang sudah diisi dengan campuran tanah, pasir, pupuk kandang atau kompos dengan perbadingan sekitar 1:1:1. Pada polybag atau pot dibuat lubang tanam ( sesuaikan dengan ukuran bibit bunga), selanjutnya tanam bibit bunga dengan posisi tegak pada lubang tanam yang telah dibuat kemudian timbun dengan media tanam dengan sedikit dipadatkan. Penanaman yang baik dilakukan pada sore hari.

  • Pemeliharaan

Penyiraman bunga dilakukan secara teratur yaitu dua hari sekali penyiraman. Untuk pemupukan dapat menggunakan pupuk NPK dengan dosis 1 sendok per tanaman, pemberian pupuk diberikan dengan cara diletakan atau ditabur pada sekitar tanaman. Pemangkasan pucuk juga perlu dilakukan agar merangsang cabang dan tunas baru. Bunga aster dapat tumbuh hingga umur sekitar 1 hingga 2 tahun.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Dan Merawat Bunga Aster Dengan 4 Langkah Mudah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa