Cara Menanam dan Merawat Bunga Azalea “Bunga Pembersih Udara” Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Bunga Azalea “Bunga Pembersih Udara” Bagi Pemula – Bunga azalea adalah salah satu tanaman hias berbunga yang memiliki bunga yang indah. Jika dilihat dari tampilan fisiknya, bunga ini hampir mirip dengan bunga bougenville. Akan tetapi bunga azalea ini terlihat lebih segar dibanding bunga bougenville. Warna bunganya juga lebih mencolok. Umumnya bunga azalea berwarna merah cerah atau merah muda dan juga putih.

Tak hanya indah, bunga azalea juga memiliki manfaat lain yang baik bagi kesehatan manusia. Bunga azalea ini merupakan salah satu tanaman hias yang memiliki kemampuan menyerap polutan udara yang mencemari lingkungan dan dapat mengganggu kesehatan pernafasan manusia. Sehingga tak heran banyak orang menanam bunga azalea ini dipekarangan rumah mereka atau menanam bunga azalea dalam pot lalu di tanam di dalam rumah. Berikut ini Cara Menanam Bunga Azalea.

Cara Menanam Bunga Azalea

Persiapan Bibit Bunga Azalea

Bunga azalea merupakan jenis tanaman semak. Cara perbanyak bunga azalea dapat dilakukan dengan cara stek batang. Cara medapatkan bibit bunga azalea ini terbilang sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan indukan bunga yang berkualitas bagus, sehat, dan terhindar dari serangan hama.

Potong batang yang dirasa sudah berumur dan memiliki kualitas bagus menggunakan pisau yang tajam. Potong dengan pola miring. Ingat, potong miring dan gunakan pisau yang tajam karena akan mempengaruhi hasil dan kualitasnya. Setelah batang terpotong, batang dapat langsung ditanam ke media tanam yang telah dipersiapkan.

Penanaman Bunga Azalea

Sebelum penanaman, siapkan terlebih dahulu. Media tanam yang perlu disiapkan yaitu campuran tanah dan pupuk organik baik pupuk kompos atau pupuk kandang. Campurkan kedua bahan tersebut dengan perbandingan 1:1.

Setelah media tanam siap, bibit yang sudah disiapkan dapat langsung ditanam dengan kedalaman tanamsekitar 5 cm sampai 10 cm. Setelah bibit ditanam, beri sedikit tekanan ke tanah agar bibit tertancap dengan sempurna dan berdiri kokoh. Setelah itu, jangan lupa beri air secukupnya.

Cara Merawat Bunga Azalea

Seperti tanaman lain, bunga azalea juga membutuhkan asupan air yang cukup agar dapat tumbuh dengan baik. Selain itu lakukan pula pemberian pupuk secara berkala sekitar 1,5 hingga 2 bulan sekali agar nutrisi tanaman terpenuhi. Lakukan pula penyiangan terhadap tanaman jika dibutuhkan.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Bunga Azalea “Bunga Pembersih Udara” Bagi Pemula“,┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa