Cara Menanam dan Merawat Bunga Bromelia Untuk Tanaman Hias Di Rumah

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Bunga Bromelia Untuk Tanaman Hias Di Rumah – Bromelia adalah kelompok tanaman yang masuk dalam keluarga Bromeliaceae (nanas-nanasan) yang terdiri dari sekitar 3000 spesies dengan ratusan hingga ribuan hibrida. Tanaman Bromelia ini berasal dari Amerika dan beberapa diantaranya berhabitat asli Afrika, seperti Pitcairnia Feliciana. Bunga bromelia ini memiliki daun yang tersusun rapat, melingkat mirip bunga. Tanaman yang masih satu keluarga dengan nanas ini kaya akan kandungan kalsium dan vitamin C. Orang Amerika Latin mengenal tanaman bromelia ini sebagai tanaman obat yaitu sebagai obat cacing. Nama latin tanaman bunga bromelia yaitu Ananas cosmusus

Tanaman bunga Bromelia ini memiliki daun yang beraneka ragam dengan corak yan mempesona. Beberapa jenis bunga bromelia ini memekarkan bunga yang atraktif.

Klasifikasi Tanaman Bromelia
Kingdom: Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Monokotil
(tidak termasuk): Commelinids
Ordo: Poales
Famili: Bromeliaceae
Subfamili: Bromelioideae
Genus: Bromelia

Ada berbagai jenis atau spesies bunga bromelia ini, ada bromelia merah (Bromelia Alsodes, Bromelia Antican, Bromelia Goyazensis, Bromelia Hieronymii scarlatina, Bromilia serra); bromelia kuning (Bromelia chryssantha, Bromelia goeldiana, Bromelia palmeri); dan bromelia ungu (Bromelia horstii dan Bromelia karatas).

Cara Menanam dan Merawat Bunga Bromelia

Cara Pembibitan Bromelia

Pembibitan bromelia dapat dilakukan dengan cara induksi anakan, carilah induk bunga bromalia yang sehat dan berumur cukup tua. Selanjutnya, siapkan bambu atau lidi berukuran 20 cm untuk menusuk kucup tanaman tersebut.

Setelah didapat bambu yang sebesar tusuk satu dan panjang 10 cm, masukkan ujung bambu ke larutan fungisida lalu tusukan ke bagian kuncup bromelia dan biarkan selama beberapa minggu, biasa setelah 40 hari akan muncul banyak tunas anakan di pangkal batang induk dan apabila sudah memiliki 3-5 daun, anakan dapat dipisahkan dari indukan.

Media Tanam Untuk Bunga Bromelia

Media tanam yang digunakan untuk menanam bunga bromelia harus bisa membuang air dan akar tidak akan tergenang karena lembab. Jika media tanam lembab maka akan membuat akar membusuk. Gunakan media tanam yang digunakan jangan tanah, namun berupa sekam bakar yang dicampur humus dan serbuk kelapa atau bisa juga menggunakan sabut, pakis, sekam yang dicampur dengan pasir. Jika bromelia akan digunakan untuk tanaman hias dalam ruangan, media tanamyang digunakan dapat berupa cocopeat.

Berikan Nuangan Berupa Paranet

Sebagai habitat aslinya, bromelia banyak tumbuh di hutan yang tak terkena sinar matahari secara langsung, jadi untuk menyamakan seperti habitat aslinya lahan tanam bromelia diberi paranet.

Penyiraman Bunga Bromelia

Walaupun bromelia sangat menyukai kelembaban, namun penyiraman jangan terlalu sering disiram karena dapat menyebabkan bromelia busuk dan akhirnya mati. Jadi lakukan penyiraman jika media tanam terlihat sudah kering dan apabila musim hujan tidak perlu dilakukan penyiraman.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Bunga Bromelia Untuk Tanaman Hias Di Rumah”┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa