Cara Menanam dan Merawat Bunga Cucak Rowo Di Rumah Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Bunga Cucak Rowo Di Rumah Bagi Pemula – Bunga Cucak Rawa atau bunga cucak rowo merupakan salah satu jenis tanaman bunga hias yang banyak digemari para pecinta tanaman hias karena bentuk bunganya yang unik yaitu menyerupai seekor burung kecil yang hinggap diantara daun. Bunga dengan nama ilmiah Pedilanthus Bracteatus ini juga sering disebut dengan bunga burung ataup little bird flower.

Bunga cucak rowo dapat tumbuh mulai dari ketinggian 60 cm hingga 100 cm. Tanaman bunga cucak rowo memiliki banyak jenis, ada yang berukuran kecil dan batangnya berbentuk zig zag seperti keris. Dalam satu batang tanaman cucak rowo ini, biasanya tidak terlalu banyak daun yang tumbuh. Umumnya, bunga cucak rowo berwarna merah kecoklatan yang didalamnya mengandung cairan manis sehingga sering dihinggapi lebah.

Jika kalian ingin menanam atau budidaya tanaman bunga cucak rowo sebagai tanaman hias dirumah baik dalam pot atau dipekarangan rumah, berikut cara selengkapnya:

Cara Menanam dan Merawat Bunga Cucak Rowo

Cara Pembibitan Bunga Cucak Rowo

Pembibitan atau perbanyakan bunga cucak rowo dapat dilakukan dengan cara stek batang atau stek akar. Jika melalui stek batang, caranya yaitu batang dipotong sepanjang 30 cm lalu batang bibit tersebut dapat langsung ditanam. Jika dilakukan dengan cara akar maka pisahkan bagian tanaman yang akan dijadikan bibit bersama dengan akarnya sehingga tanaman akan lebih cepat tumbuh.

Cara Menanam Bunga Cucak Rowo

Sebelum dilakukan penanaman, siapkan terlebih dahulu media tanamnya. Media tanam yang perlu disiapkan dapat berupa campuran tanah dan pupuk kandang atau pupuk kompos halus dengan perbandingan 1 : 1 lalu keduanya dicampur hingga merata.

Jika semuanya sudah siap, selanjutnya lakukan penanaman. Tanam bibit pada media tanam dan pastikan bibit tertanam dengan baik sehingga bibit tidak mudah roboh dan akarnya tidak rusak. Lakukan penyiraman agar kelembaban tanaman terjaga dan pertumbuhannya baik.

Cara Merawat Bunga Cucak

Perawatan yang perlu dilakuka pada bunga cucak rowo diantaranya yaitu penyiraman, pemupukan dan pemangkasan. Penyiraman dapat dilakukan secara berkala dan tidak harus dilakukan setiap hari. Agar tanaman tumbuh dengan baik maka perlu diberikan tambahan nutrisi melalui pupuk, pemberian pupuk ini dapat dilakukan setidaknya setiap 2,5 bulan hingga 3 bulan sekali dengan menggunakan pupuk organik ataupun pupuk buatan. Jika ditata dengan baik, maka bunga cucak rowa yang ditanam di pekarangan dapat dijadikan sebagai pagar hidup yang cantik. Jika ingin dibentuk sesuai dengan keinginan kalian, kalian dapat melakukan pemangkasan.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Bunga Cucak Rowo Di Rumah Bagi Pemula“,┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa