Cara Menanam Dan Merawat Bunga Dandelion Sebagai Tanaman Hias Di Rumah

Posted on

Cara Menanam Dan Merawat Bunga Dandelion Sebagai Tanaman Hias Di Rumah – Dandelion atau Randa Tapak (Taraxacum officinale) adalah tumbuhan berbunga dengan ukuran bunga kecil yang akan terbang jika tertiup angin. Bunga ini merupakan bagian dari Taraxacum yaitu suatu genus besar dalam keluarga Asteraceae. Tanaman bunga dandelion berasal dari Eropa dan Asia lalu menyebar ke segala tempat. Tanaman bunga dandelion ini adalah tanaman liar.

Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Asterales
Famili: Asteraceae
Genus: Taraxacum

Ada berbagai macam varietas bunga dandelion, bunga dandelion berwarna putih jika sudah tua dan kuning saat awal berbunga. Namun kebanyakan orang mengetahui bunga dandelion berwarna putih dengan bentuk bulat dan memiliki banyak biji. Nah biji inilah yang nantinya akan dijadikan benih untuk perbanyakan tanaman dandelion. Sedangkan di alam aslinya, perbanyakan dandelion dibantu oleh angin. Ada berbagai filosofi bunga dendalion yaitu meniup bunga dandelion menjadi simbol pengharapan “Blow a dandelion and make wish”. Filosofi hidup bunga dandelion juga patut ditiru yaitu dapat tumbuh dan berbunga dimana saja meski tempat itu ekstrim dan gersang. Artinga sekeras dan sesulit apapun hidup yang dijalani kita harus tetap tumbuh dengan indah.

Manfaat bunga dandelion yaitu daunnya dapat dijadikan salad, bagian umbinya dapat dibakar sebagai pengganti kopi. Selain itu, tanaman dandelion merupakan sumber vitamain H yang baik bagi tubuh dan dapat membantu menurunkan berat badan secara alami.

Cara Menanam dan Merawat  Bunga Dandelion

Persiapan Bibit Bunga Dandelion

Untuk mendapatkan benih bibit dandelion, dapat dengan mencarinya di alam liar. Namun jika tidak ingin repot, benih dandelion dapat diperoleh dengan membelinya di toko yang menjual bibit.

Persiapan Lokasi Tanam Bunga Dandelion

Lokasi yang dipilih untuk menanam bunga dandelion sebaiknya dipilih sesuai dengan habitat aslinya yaitu lo9kasi yang terbuka dan terkena cahaya matahari langsung seperti di pekarangan.

Buatlah lubag tanam dengan ukuran sekitar 20 cm x 20 cm x 20 cm. Kemudian, tambahkan 1-2 kg pupuk kandang ke dalam lubang tanam dan biarkan selama satu minggu. Gemburkan tanah yang ada disekitar lubang tanam. Jika sudah satu minggu, lubang tanam sudah siap ditanami bibit dandelion.

Cara Menanam Tanaman Dandelion

Penanaman bunga dandelion dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu biji benih dandelion ditanam langsung ke dalam lubang tanam atau biji benih bunga dandelion disemai terlebih dahuludi polybag baru setelah tumbuh ditanam ke lahan tanam. Namun disarankan pembibitan dandelion dilakukan dengan cara menyemaikan benihnya terlebih dahulu karena angka kehidupan bibit lebih tinggi. Cara menyemai benih bunga dandelion yaitu:

Benih disimpan terlebih dahulu ditempat yangh sejuk dan tidak terkena sinar matahari secara langsung. Selanjutnya, siapkan polybag berisi media tanam berupa campuran tanah halus, pupuk kandang dan sedikit pasir. Bagian bawah polybag dilubangi agar air dapat keluar.

Jika sudah siap, semaikan biji dandelion tersebut ke media tanam dalam polybag. Setelah disemai, lakukan penyiraman dengan air secukupnya. Tapi jika biji keluar saat penyiraman, maka timbun kembali dengan media tanamnya.

Cara Merawat Bunga Dandelion

Sama halnya dengan tanaman hias lainnya, perawatan bunga dandelion tidak begitu sulit. Lakukan penyiraman secara rutin sebanyak 2 kali sehari. Pemupukan dapat dilakukan setiap 3 minggu sekali dengan menggunakan pupuk kandang, pemupukan ini dilakukan pada bagian tajuk tanaman. Selain itu, lakukan pula penyiangan pada gulma atau tanaman pengganggu lainnya secara rutin.

Masa Berbunga Bunga Dandelion

Setelah 3 bulan tanam, tanaman dandelion akan mulai berbunga. Pada awal berbunga,bunga dandelion berwarna kuning dan akan berwarna putih saat mulai menua.

Kepala bunga dandelion berdiameter sekitar 2-5 cm dan seluruhnya terdiri dari sinat kuntum. Bunga yang matang akan berubah menhadi kepala am yaitu berbentuk bulat. Bunga yang sudah tua akan terbang jika tertiup angin.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Menanam Dan Merawat Bunga Dandelion Sebagai Tanaman Hias Di Rumah“, ¬†semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa