Cara Menanam dan Merawat Bunga Desember Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula Di Rumah

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Bunga Desember Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula Di Rumah – Bunga desember atau yang bernama ilmiah Scadoxus multiflorus (dulu Haemanthus multiflorus) merupakan bunga hias yang termasuk ke dalam family bakung bakungan (Amarillydaceae). Tanaman bunga desember ini berasal dari Afrika (dataran afrika bagian selatan), Arab Saudi, Oman, Yemen dan Seychelles. Pemberian nama desember pada bunga ini mungkin karena bunga desember mekar pada bunlan november-desember. Nama lain bunga desember yaitu blood lily, oxtongue lily, Katherine wheel, blood flower dan powderpuff lily.

Tanaman bunga desember dapat tumbuh hingga ketinggian sekitar 30-90 cm. Bentuk bunga desember unik yaitu membulat berdiameter 10-30 cm dengan warna merah mencolok dan memiliki daun berwarna hijau cerah.

Klasifikasi Bunga Desember
Kingdom: Plantae
Subkingdom: Tracheobionta
Super Divisi: Spermatophyta
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Liliopsida
Sub Kelas: Liliidae
Ordo: Liliales
Famili: Amaryllidaceae
Genus: Haemanthus
Spesies: Haemanthus multiflorus

Manfaat bunga desember terletak pada umbinya yang banyak mengandung saponin, flavonoida dan polifenol berkhasiat sebagai obat luka bakar.

Cara Menanam Bunga Desember

Pemilihan Bibit Bunga Desember

Perbanyakan bibit bunga desember dapat dilakukan dengan menggunakan umbi. Pilih umbi yang berukuran besar, berwarna cerah dan mengkilap, sehat, tidak ada luka.

Setelah umbi diperoleh, selanjutnya cuci umbi hingga bersih. Biarkan umbi diruangan bersih dan gelap selama beberapa hari hingga umbi bertunas.

Siapkan media tanam berupa campuran tanah yang gembur, subur dan porous dengan pasir dan kompos atau humus dengan perbandingan 1:1:1. Ayak media tersebut dan hanya ambil bagian yang halusnya saja, setelahnya aduk media secara merata.

Masukkan media tanam tersebut ke pot/polybag berukyran sedang dengan diameter sekitar 10 cm atau dapat disesuaikan dengan ukuran umbi yang akan ditanam. Siram media tanam, maka media tanam akan menyusut lalu isi lagi hingga penuh.

Jika sudah siap, tanam umbi ke media tanam dengan hati-hati jangan sampai merusak umbi dan melukai bagian tunas. Buatlah lubang tanam seukuran umbi lalu masukkan umbi dan timbun kembali. Lakukan perawatan secara rutin yaitu penyiraman sebanyak 2 kali sehari atau disesuaikan dengan kondisi media tanam dan juga cuaca, setelah bibit bunga desember berumur sekitar 2 minggu setelah tanam lakukan penyemprotan fungisida dan pestisida.

Penanaman Bunga Desember

Setelah 3-4 bulan umbi di tanam, pindahkan bibit ke pot atau lahan tanam yang sebenarnya. Siapkan pot berukuran besar dengan diameter sekitar 25-35 cm lalu isi pot dengan media tanam berupa campuran tanah, kompos dan pasir dengan perbandingan 1:1:1 yang diayak terlebih dahulu. Namun sebelumnya bagian dasar pot diberi pecahan batu bata agar nantinya air tidak menggenang.

Jika semua sudah siap, segera lakukan penanaman. Lepaskan polybag pada bibit bunga desember dengan hati-hati agar tidak merusak perakaran dan media tanamnya, lalu masukkan bibit ke media tanam dalam pot lalu tutup kembali hingga umbi tertutup semua dan lakukan penyiraman secukupnya setelah itu. Letakkan pot bunga desember pada tempat yang teduh tapi tetap mendapatkan sinar matahari.

Perawatan Bunga Desember

Jangan terlalu sering melakukan penyiraman saat cuaca lembab karena dapat menyebabkan kebusukan umbi. Pada saat kemarau penyiraman dapat dilakukan 2 kali sehari dengan menggunakan hand sprayer.

Lakukan pemangkasan atau mebuangan pada daun yang rusak atau menguning. Selain itu, lakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk NPK.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Bunga Desember Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula Di Rumah”,┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa