Cara Menanam dan Merawat Bunga Elisia Agar Cepat Berbunga Di Rumah Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Bunga Elisia Agar Cepat Berbunga Di Rumah Bagi Pemula – Bunga Elisia adalah salah satu jenis bunga yang sangat cantik dengan warna bunga merah mudah dan bentuk bunga ini mirip seperti kemoceng. Karena bentuknya yang unik banyak orang yang mencoba menanam dan membudidayakan bunga ini di rumah mereka sebagai tanaman hias pekarangan. Nah bagi kalian yang ingin melakukan penanaman atau budidaya bunga elisia ini, berikut cara menanam dan merawat bunga elisia, selengkapnya:

Cara Menanam dan Merawat Bunga Elisia

Cara Pembibitan Bunga Elisia

Pembibitan atau perbanyakan bunga elisia dapat dilakukan dengan cara pemisahan tunas rumpun bibit dari tanaman indukan. Pilih tunas rumpun bibit yang baik lalu pisahkan rumpun tersebut dengan rumpun induknya. Pastikan bibit dipisahkan dengan hati-hati dan jangan sampai merusak bagian akar dan batangnya. Selanjutnya, setelah itu bibit dapat langsung ditanam di media tanam yang telah disiapkan.

Cara Menanam Bunga Elisia

Sebelum melakukan penanaman, siapkan terlebih dahulu media tanam yang akan digunakan. Media tanam yang perlu disiapkan yaitu berupa campuran tanah gembur dan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan 1 : 1. Kedua bahan media tanam tersebut dicampur hingga merata.

Jika semuanya sudah siap, selanjutnya tanam bibit bunga elisia yang sudah disiapkan pada media tanam dan pastikan seluruh akar bibit tertimbun sempurna agar pertumbuhannya bisa maksimal. Setelah itu, padatkan dengan sedikit di tekan agar tanaman dapat berdiri dengan tegak dan tidak akan mudah roboh. Pastikan tanaman mendapatkan penyiraman secara rutin agar bibit bunga elisia dapat tumbuh dengan baik.

Cara Merawat Bunga Elisia

Perawatan yang perlu dilakukan pada tanaman bunga elisia ini yaitu penyiraman dan pemupukan. Lakukan penyiraman jika tanaman sudah terlihat kering, penyiraman tersebut dapat dilakukan seperlunya saja. Agar tanaman bunga elisia ini dapat tumbuh maksimal, lakukan pemberian nutrisi berupa pupuk. Pupuk yang dapat digunakan dapat berupa pupuk cair atau pupuk tabur. Pemupukan tersebut dilakukan secara rutin setidaknya setiap 3 bulan sekali.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Bunga Elisia Agar Cepat Berbunga Di Rumah Bagi Pemula“,┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa