Bunga Euphorbia

Cara Menanam Dan Merawat Bunga Euphorbia Dengan Mudah

Posted on

Cara Menanam Dan Merawat Bunga Euphorbia Dengan Mudah  – Euphorbia adalah salah satu genus tumbuhan berbunga yang memiliki sekitar 2.420 spesies. Euphorbia ini selain difungsikan sebagai tanaman hias, tanaman ini juga obat-obatan dan juga gulma. Di Afrika, orang-orang afrika menggunakan tumbuhan ini untuk kandang ternak. Sedangkan di Meksiko, tumbuhan dari genus Euphorbia digunakan sebagai bahan pembuat lilin, pelumas dan kertas waterproofing. Euphorbia ini memiliki struktur bunga yang unik yaitu terdiri dari bracts daun yang berwarna mencolok seperti warna kuning, merah, ungu, coklat, atau hijau dengan ukuran yang kecil. Euphorbia memiliki getah susu. Getah susu Euphorbia dapat menyebabkan iritasi pada kulit, dan ketidaknyamanan parah jika tertelan.

Walaupun dapat menyebabkan iritasi dan ketidaknyamanan, paera pecinta tanaman hias tetap menanam tanaman ini untuk dijadikan tanaman hias dirumah mereka. Bagi anda yang ingin menanam atau budidaya tanaman hias bunga euphorbia, kali ini kita akan memberikan tips cara menanam bunga euphorbia. Namun sebelun itu kalian harus tahu bahwa batang tanaman bunga euphorbia tidak dapat menyimpan cadangan air, namun tanaman euphorbia tersebut tidak tahan terhadap panas dan air yang berlebihan.

Cara Menanam Bunga Euphorbia

Pembibitan Bunga Euphorbia

Bibit bunga ephorbia dapat didapatkan dengan cara stek euphorbia, stek tersebut yaitu dengan stek batang atau pemisahan tunas dari akar. Caranya yaitu dengan mencari batang yang ada dibagian tengah atau tunas akar yang baik, selanjutnya potong dan tanam pada media tanam yang telah diolah sebelumnya. Disarankan mencari batang atau tunas akar yang memiliki panjang sekitar 20 cm atau lebih.

Penanaman Bunga Euphorbia

Pertama siapkan dahulu media tanamnya yaitu campuran tanah dan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan 1 : 1. Selanjutnya tanam bibit euphorbia yang telah disiapkan ke media tanam dengan kedalaman minimal setengah dari panjang bibit. Kemudian timbun kembali dan padatkan media tanam disekitar bibit. Lakukan penyiraman secukupnya minimal penyiraman dilakukan sekali dalam sehari.

Perawatan Bunga Euphorbia

Hal utama dalam perawatan bunag euphorbia yaitu penyiraman dan pemupukan. Penyiraman dilakukan dengan menyiram bunga secukupnya agar tanaman bunga tidak busuk. Pemupukan dilakukan setiap 1 hingga 1,5 bulan sekali.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Dan Merawat Bunga Euphorbia Dengan Mudah “, semoga bermanfaatdan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa