Cara Menanam dan Merawat Bunga Forget Me Not Agar Cepat Berbunga Di Rumah

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Bunga Forget Me Not Agar Cepat Berbunga Di Rumah – Tanaman forget me not (Myosotis sylvatica) adalah salah satu tanaman hias yang memiliki bunga yang indah. Tanaman bunga ini termasuk tanaman biennial yang mana akan berbunga dan mati pada tahun kedua. Tanaman bunga forget me not ini memiliki daun yang akan tampak selalu hijau berukuran kecil. Bunga forget me not berukuran kecil, tumbuh berkelompok dengan warna bunga lembut yaitu seperti biru, pink dan putih.

Karena keindahan bunga ini banyak digemari oleh para pecinta tanaman hias. Berikut cara menanam dan merawat bunga forget me not:

Cara Menanam dan Merawat Bunga Forget Me Not

Cara Menanam Bunga Forget Me Not

Sama seperti kebanyakan tanaman bunga lainnya, tanaman bunga forget me not juga dapat diperbanyak melalui biji. Biji bunga forget me nit dapat diperoleh dengan membelinya di toko tanaman ataupun online.

Jika benih bibit bunga forget me not sudah siap, benih bunga selanjutnya disemai terlebih dahulu di wadah atau tray semai yang diisi dengan media tanam berupa campuran tanah dan pupuk kandang atau pupuk kompos. Selanjutnya, biji bibit ditabur di atas media tanam lalu tutup kembali dengan tanah tipis saja.

Setelah berumur 8-14 hari setelah semai, benih mulai berkecambah. Bibit bunga forget me not dapat dipindahkan ke tempat tanam yang diinginkan. Media tanam yang digunakan sama dengan media tanam penyemaian tapi sebaiknya ditambah dengan sekam bakar arau serbuk sabuk kelapa agar media tanam tetap terjaga kelembapannya.

Cara Merawat Bunga Forget Me Not

Tanaman bunga forget me not tahan terhadap serangan hama, bahkan dapat tumbuh pada kondisi tanah yang kurang subur. Walaupun begitu, ada hal yang perlu diperhatikan saat merawat bunga tumbuh dan mekar dengan lebat diantaranya:

Pilihlah lokasi tempat penanaman yang mendapatkan paparan sinar matahari secara penuh atu bisa juga teduh sebagian.

Tanaman bunga ini tidak membutuhkan penyiraman yang intensif, penyiraman dapat dilakukan sekali dalam sehari. Penyiraman tersebut dilakukan hingga air menetes pada lubang pot, tapi jangan sampai tanaman bunga tergenang air karena dapat menyebabkan akar tanaman membusuk. Sedangkan pada musim hujan, intensitas penyiraman dikurangi.

Jika ada bunga atau tangkai yang sudah tua, segera pangkas dengan menggunakan gunting atau langsung dipatahkan dengan tangan. Buang juga bunga yang sudah lepas dari tangkainya. Hal tersebut dilakukan guna merangsang pembentukan bunga baru yang lebih cepat.

Pemupukan tidak perlu dilakukan, tapi jika kalian ingin tanaman bunga forget me not tumbuh subur dan bunga mekar dengan indah, pemupukan dapat dilakukan setiap satu kali dalam sebulan itupun hanya dilakukan jika daunnya telah layu dan menguning atau tanaman tumbuh dengan sangat lambat.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Menanam dan Merawat Bunga Forget Me Not Agar Cepat Berbunga Di Rumah“, ┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa