Cara Mudah Menanam dan Merawat Bunga Gaillardia Agar Cepat Berbunga dari Biji

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Bunga Gaillardia Agar Cepat Berbunga – Gaillardia atau bunga selimut (Gaillardia x grandiflora) adalah jenis bunga yang mirip dengan bunga daisy, tanaman berbunga ini berasal dari keluarga bunga matahari (Asteraceae dan Compositae) Tanaman Gaillardia ini berasal dari Amerika Sertikat bagian tengah dan barat . Tanaman bunga ini disebut juga dengan blanketflower atau firewhheell. Tanaman bunga Gaillardia memiliki daun berbulu, tipis dengan warna hijau keabuan. Bunga Gaillardia ini saat mekar memiliki mahkota bunga berwarna kuning, anggur merah, oranye dan peach atau konbinasi warna merah atau oranye dengan kuning. Mahkota bunga tersebut berumbai-rumbai. Tanaman bunga ini dapat tumbuh hingga ketinggian sekitar 25-30 cm untuk jenis kerdil dan 60-75 cm untuk jenis lainnya.

Adapun beberapa jenis bunga Gaillardia yang dapat anda tanam di rumah diantaranya Gaillardia matahari arizona, Gaillardia terompet, Gaillardia burgundi, Gaillardia jeruk dan lemon.

Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Asterales
Famili: Asteraceae
Genus: Gaillardia

Cara Menanam dan Merawat Bunga Gaillardia

Menanam Tanaman Gaillardia dapat dilakukan melalui biji. Tanam biji bibit dalam pot dalam ruangan. Jika bibit sudah tumbuh dengan baik dan cukup kuat untuk menerima angin dan terik matahari langsung. Serlain menanam dalam pot, bunga Gaillardia ini dapat ditanam langsung di tanah.

Bunga Gaillardia ini memerlukan sinar matahari penuh sepanjang hari. Selain itu drainase juga harus baik agar tanaman tumbuh dengan baik pula. Tanaman bunga Gaillardia ini menyukai media tanam berpasir dan tidak berlebihan pupuk dengan derajat keasaman atau pH media tanam mendekati netral. Namun tanaman bunga ini sangat toleran dengan media tanam yang kering.

Berikan jarak antar tanaman sekitar 30 cm untuk Gaillardia kerdil. Apabila jenis tanaman Gaillardia yang anda tanam bisa tumbuh besar maka beri jarak sekitar 45 cm antar tanaman. Apabila ingin memindahkan tanaman dari pot ke tanah maka gemburkan tanah terlebih dahulu lalu buatlah lubang tanam sedalam 30-40 cm dan diameter lubang tanam dibuat 2 kali diameter pot tanam. Jika sudah, lalu masukkan pupuk kompos setebal 5-10 cm ke dalam lubang tanam. Masukkan bunga Gaillardia dari pot ke tanah dengan perlahan agar tidak merusaknya. Setelah itu timbun kembali dengan tanah galian lalu padatkan.

Bagian ujung tanaman yang mati biasanya akan memicu munculnya bunga baru. Umumnya bunga Gaillardia ini berumur pendek, lakukan perawatan dengan melakukan penyiraman secara teratur dan juga lakukan penyemprotan sabun pembunuh serazngga apabila tanaman terserang hama dan penyakit.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Bunga Gaillardia Agar Cepat Berbunga“,┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa