Cara Menanam dan Merawat Bunga Geranium Dalam Pot Di Rumah Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Bunga Geranium Dalam Pot Di Rumah Bagi Pemula – Geranium adalah salah satu dari tumbuhan bunga abadi atau semak yang masuk dalam keluarga Geraniaceae. Tumbuhan ini sebagian besar asli ke Afrika Selatan. Bunga geranium memiliki bunga ganda, bunga geranium memiliki warna yang beragam ada yang putih, merah muda, merah dan ungu. tanaman bunga geranium dapat tumbuh sekitar 6 inci hingga 4 meter tergantung varietas. tanaman bunga geranium dapat di perbanyak dengan cara stek dan biji.

Manfaat bunga geranium diantaranya yaitu digunakan untuk membuat minyak baik itu parfum, sabun atau salep. Selain dimanfaatkan untuk parfum, sabun atau salep dapat juga sebagai penghias ruangan dan satu lagi yaitu sebagai pengusir nyamuk karena nyamuk atau serangga lain tidak menyukai aroma dari bunga geranium. Nama lain bunga geranium adalah bunga Tapak Dara.

Klasifikasi ilmiah Bunga Geranium
Kerajaan: Plantae
(tidak termasuk): Angiospermae
(tidak termasuk): Eudikotils
(tidak termasuk): Rosidae
Ordo: Geraniales
Famili: Geraniaceae
Genus: Geranium

Tanaman geranium ini membutuhkan sinar matahari yang cukup untuk tumbuh dan tidak memerlukan penyiraman yang terlalu sering karena jika terlalu sering, akar terlalu basah maka geranium akan layu dan bisa mati. Penanam bunga geranium ini dapat dilakukan pada tanah langsung atau menanamnya dalam pot.

Cara Menanam dan Merawat Bunga Geranium Dalam Pot

Pemilihan Bibit dan Penanaman Bunga Geranium

Perbanyakan bibit bunga geranium dapat dilakukan melalui biji dan juga tunas yang masih kecil. Tapi disarankan pembibitan dilakukan melalui tunas kecil yang ada disamping tanaman induk karena tanaman akan lebih cepat tumbuh. Ambil tunas lalu pindahkan ke tempat tanam berupa pot yang disiapkan.

Media tanam yang perlu disiapkan yaitu berupa campuran tanah dan pupuk kompos. Selama tahap awal penanaman, penyiraman sebisa mungkin dilakukan secara rutin namun seperlunya saja.

Cara Merawat Bunga Geranium Dalam Pot

Lakukan penyiraman, setidaknya sekitar 3 hingga 4 hari sekali. Lakukan pemupukan secara berkala atau sekitar 1 sampai 2 bulan sekali, pemupukan tersebut dapat berupa pupuk kandang. Jika hama dan penyakit menyerang bunga geranium harus segera di atasi dengan tepat.

Selain itu, lakukan penyiangan bila perlu agar unsur hara yang diperlukan bunga geranium tidak terambil oleh tanaman pengganggu atau gulma. Tanaman yang sudah layu atau mati sebaiknya di buang atau di pangkas agar penyakit tidak menyebar pada tanaman bunga yang lain.

Demikian artikel pembahasan tentang “Cara Menanam dan Merawat Bunga Geranium Dalam Pot Di Rumah Bagi Pemula“, ┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa