Cara Menanam dan Merawat Bunga Kancing Di Pekarangan Rumah Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Bunga Kancing Di Pekarangan Rumah Bagi Pemula – Bunga kenop ata bunga kancing (Gomphrena globosa) adalah salah satu tanaman hias berbunga pekarangan. Di luar negeri, bunga ini disebut dengan gomphrena atau globe amaranth. Bunga kancing ini berasal dari Amerika dan Asia, Di Indonesia, bunga kancing disebut kembang puter, bunga adas-adasan, talimantulu, serta kembang atau bunga gundul.

Klasifikasi Bunga Kenop
Kingdom: Plantae
Divisi: Angiospermae
Kelas: Eudikotil
Ordo: Caryophyllales
Famili: Amaranthaceae
Genus: Gomphrena
Spesies: G. globosa

Ciri-ciri tanaman bunga kancing atau bunga kenop ini dapat tumbuh hingga ketinggian 60 cm. Daun bunga kancing ini berbentuk bulat telur sungsang dengan bagian ujung daun meruncing dengan panjang sekitar 5-8 cm dan lebar sekitar 3-5 cm, bagian atas daun berambut kasar serta bawah daun berambut halus. Batang tanaman bunga kancing ini berbulu atau membesar keatas siap menyangga bunga kancing tersebut. Bunga kancing atau kenop ini memiliki bentuk seperti globe dengan warna ungu. Tapi selain warna ungu ada pula jenis bunga kancing atau bunga kenop dengan warna lain seperti merah, putih, oranye, kuning dan masih banyak lagi yang lainnya.

Selain karena bentuknya yang unik, bunga kenop ini populer menjadi tanaman hias pekarang rumah karena jika sudah berbunga maka bunga akan tumbuh sepanjang tahun tanpa putus dengan jumlah banyak.

Selain dimanfaatkan sebagai bunga hias, bunga kancing ini juga dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Adapun manfaat tanaman bunga kancing atau bunga kenop itu yaitu sebagai obat asma atau sesak napas, peluruh dahak, radang mata, diuretik, disentri, radang saaluran napas, luka atau koreng, penambah nafsu makan, dan sebagai obat batuk.

Bagi anda yang ingin menanam bunga kancing ini di pekarangan rumah anda, berikut cara selengkapnya:

Cara Menanam dan Merawat Bunga Kancing

Cara Menanam Bunga Kancing Dari Biji

Bibit bunga kancing dapat diperoleh dari biji bunga kancing yang sudah kering atau anda juga dapat membeli benih bunga kancing di toko tanaman. Setelah didapatkan, selanjutnya sebarkan biji benih tersebut ke wadah atau try semai yang telah diisi dengan media tanam berupa campuran tanah, sekam, pasir dan pupuk kompos.

Selanjutnya, lakukan penyiramandengan sedikit air atau semprotkan dengan menggunakan sprayer. Benih bunga kancing membutuha cahaya untuk berkecambah. Letakkan pada tempat yang terang namun tidak terkena cahaya matahari secara langsung agar tidak merusak kecambah bunga.

Setelah bibit tumbuh dengan ketinggian sekitar 5-7 cm, pindahkan bibit ke pot tanam atau lahan pekarangan langsung. Beri jarak sekitar 20 cm – 25 cm antar tanaman. Pastikan saat menanam bunga tersebut tidak merusak batang dan akarnya. Tanaman ini akan berbunga sekitar 2-3 bulan setelah semai dan akan tetap berbunga dala jangka waktu yang lama.

Cara Merawat Bunga Kancing

Bunga kancing ini akan tumbuh dengan baik pada daerah yang terang dan hangat. Walauoun bunga uni toleran terhapap panas dan juga kering, tapi jangan lupa untuk tetap melakukan penyiraman, penyiraman tersebut dapat dilakukan sesekali untuk menjenuhkan area akar. Jika ada cabang atau daun yang layu maka segera buang agar tampilannya tetap cantik.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Bunga Kancing Di Pekarangan Rumah Bagi Pemula“,┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa