Cara Menanam dan Merawat Bunga Kenanga “Tanaman Parfum” Agar Rajin Berbunga

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Bunga Kenanga “Tanaman Parfum” Agar Rajin Berbunga – Kenanga (Cananga odorata) adalah salah satu jenis bunga yang memiliki aroma harum, tanaman bunga ini juga sering disebut tanaman parfum. Bunga kenanga berasal dari wilayah Asia tenggara termasuk Indonesia. Tanaman Bunga kenanga memiliki batang cukup besar dengan diameter sekitar 0,1 m-0,7 m dan ketinggiannya mencapai 5 m – 20 m. Daun bunga kenanga halus, panjang dan berkilau, bunga kenanga berwarna hijau kekuningan menggulung dengan bentuk seperti bintang laut, memiliki 6 lembar daun bunga dan 1 mahkota bunga berwarna kuning. Tanaman bunga dapat tumbuh dengan subur pada daerah dengan ketinggian sekitar 20 hingga 1200 mdpl. Ada beberapa jenis bunga kenanga diantaranya Cananga Latifolia, Cananga odorata forma macrophylla, dan Cananga odorata forma.genuina

Klasifikasi Ilmiah Bunga Kenanga
Kerajaan: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Magnoliales
Famili: Annonaceae
Genus: Cananga
Spesies: C. odorata

Dibalik keharuman bunga kenanga, bunga kenanga ini mengandung beberapa zat seperti flavonoida, saponin, polifenol, minyak atsiri, asam bensoat, geraniol, farnesol, geraniol, bensin asetat, eugenol, kadinen, linalool, sadrol, serta pinen. Dengan adanya zat-zat tersebut, bunga kenangan ini memiliki banyak manfaat. Manfaat bunga kenanga antara lain sebagai aromaterapi, membantu mengatasi kulit kering, mengatasi bau badan dan mash banyak lagi yang lainnya.

Cara Budidaya Bunga Kenanga

Persiapan Bibit Bunga Kenanga

Bibit bunga kenanga dapat diperoleh melalui stek batang, cangkok maupun melalui biji tanaman. Apabila budidaya bunga kenanga dilakukan dengan menggunakan pembibitan melalui biji tanaman, berikut cara selengkapnya:

Pertama pilih buah kenanga yang sudah tua dengan ciri-ciri warna kulitnya sudah menghitam.
Jika biji sudah didapatkan, masukan biji tersebut ke dalam karung dan diamkan selama 5 hari.

Setelah kulit biji kenanga melunak, keluarkan bagian bijinya dengan memencetnya secara perlahan. Selanjutnya, cuci biji yang telah dikeluarkan dengan air hingga bersih kemudian keringkan dengan cara dianginkan selama sehari semalam. Setelah itu, semai biji pada media semai berupa campuran tanah dan pupuk organik dengan perbandingan 1:1. Penyemaian tersebut harus dilakukan pada tempat yang sejuk dan teduh.

Jika sudah selesai, lakukan penyiraman benih setiap hari hingga benih berkecambah yaitu sekitar satu minggu. Setelah berumur sekitar 6 bulan bibit akan mencapai ketinggian sekitar 30 cm, ini menunjukan bahwa bibit bunga kenanga sudah siap ditanam di tempat tanam atau lahan tanam.

Cara Menanam Bunga Kenanga

Pembuatan lubang tanam untuk bunga kenanga sebaiknya sudah dibuat satu bulan sebelum penanaman. Buatlah lubang tanam dengan ukuran 60 cm x 60 cm x 60 cm. Atur jarak tanam antar tanaman bunga kenanga sekitar 8 x 8 meter. Tujuan pemberian jarak tanam ini yaitu untuk mengantisipasi saat pohon kenanga tumbuh besar.

Jika anda rajin memotong dan memangkas pohon kenanga, jarak tanam dapat disesuaikan menjadi 6 meter x 6 meter. Lubang tanam yang telah selesai dibuat diisi terlebih dahulu dengan pupuk, kemudian barulah masukkan bibit bunga kenanga ke lubang tanam namun sebelumnya lepaskan plastik polybag yang digunakan untuk menyemaikan bibit tersebut.

Cara Merawat Bunga Kenanga

Umumnya tanaman kenanga tidak membutuhkan air dalam jumlah banyak sehingga hanya perlu melakukan penyiraman seperlunya saja. Penyiraman dapat dilakukan 2-3 hari sekali. Selain penyiraman, lakukan pula penyiangan secara berkala dan juga pemupukan agar pertumbuhan dan produktivitas tanaman bunga kenanga maksimal.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Bunga Kenanga “Tanaman Parfum” Agar Rajin Berbunga“,┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa