Cara Menanam Dan Merawat Bunga Kenikir Sebagai Tanaman Hias Pekarangan Rumah

Posted on

Cara Menanam Dan Merawat Bunga Kenikir Sebagai Tanaman Hias Pekarangan Rumah – Kenikir atau ulam raja merupakan tumbuhan tropis yang berasal dari Amerika Latin, Amerika Tengah. Selain dimanfaatkan sebagai sayuran, kenikir juga dapat di tanam sebagai tanaman hias pekarangan rumah. Bunga yang dihasilkannya tanaman kenikir sangat cantik, bunga kenikir tersebut ada yang berwarna kuning, merah, merah muda, putih, oranye, dan lain sebagainya. Di Indonesia, kenikir banyak ditanam di Jawa dan dataran rendah sampai pegunungan hingga ketinggian 1200 mdpl. Biasanya bunga kenikir ditanam di sekitar rumah sebagai tanaman hias.

Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Plantae
Divisi: Spermatophyta
Kelas: Magnoliophyta
Ordo: Fabales
Famili: Asteraceae
Genus: Cosmos
Spesies: C. caudatus

Karena keindahannya bunga kenikir ini banyak ditanam. Bunga kenikir sangat mudah ditanam dan dirawat baik itu ditanam di pekarangan rumah ataupun di tanam dalam pot. Nah berikut ini adalah cara menanam bunga kenikir di rumah:

Cara Menanam Bunga Kenikir

Pembibitan Bunga Kenikir

Pembibitan bunga kenikir dapat dilakukan melalui biji. Ambilah biji yang sudah tua dan kering di pohon kenikir. Jika belum terlalu kering bisa di keringkan terlebih dahulu dibawah terik matahari hingga benar-benar kering. Simpan beberapa saat, lalu sebarkan ke media tanam tanpa harus disemai terlebih dahulu.

Penanaman Bunga Kenikir

Pertama siapkan terlebih dahulu media tanamnya yaitu berupa campur tanah yang gembur dengan pupuk kandang/kompos yang sudah diayak halus  dengan perbandingan 1:1 hingga tercampur merata. Selanjutnya tebarkan benih pada media tanam tersebut, lalu tutup dengan lapisan media tanam agak tipis agar benih cepat tumbuh tunas. Lakuakan penyiraman dan perawatan secara optimal terutama pada awal masa tanam.

Perawatan Bunga Kenikir

Lakukan perawatan dengan melakukan penyiraman secara berkala saat tanaman terlihat kering atau layu. Pastikan nutrisi tanaman terpenuhi, untuk memenuhinya maka perlu dilakukan pemupukan dengan menggunakan pupuk kandang atau pupuk kompos. Lakukan pemupukan ini secara berkala saat tanaman sudah tumbuh baik, minimal setiap 2,5-3 bulan sekali.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam Dan Merawat Bunga Kenikir Sebagai Tanaman Hias Pekarangan Rumah“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa