Cara Menanam dan Merawat Bunga Kol Banda Sebagai Tanaman Hias Di Rumah Bagi Pemula

Posted on

Cara Menanam dan Merawat Bunga Kol Banda Sebagai Tanaman Hias Di Rumah Bagi Pemula – Kol banda merupakan salah satu jenis tanaman hias berbentuk pohon yang memiliki daun lebar dan berwarna hijau pucat hingga putih. Nama ilmiah bunga kol belanda yaitu Pisonia alba Spanoghe. Bunga kol banda diduga berasal dari Kepulauan Maluku.

Klasifikasi Kol Banda
Kingdom: Plantae
Divisi: Magnoliophyta
Kelas: Magnoliopsida
Ordo: Caryophyllales
Famili: Nyctaginaceae
Genus: Pisonia
Spesies: P. alba

Batang pohon kol banda halus berwarna cerah dan dapat tumbuh dengan ketinggian mencapai 10 m. Daun bunga kol banda tipis berwarna hijau muda terang hingga kuning pucat dengan bentuk bulat telur dengan ujung runcing dan pangkal tumpul. Tumbuhan ini jarang terlihat berbunga. Bunga jantannya berwarna putih atau putih kehijauan dengan panjang sekitar 6 mm dan bunga betina berukuran lebih kecil. Buah bunga kol banda ini memanjang, berbentuk dadu bersudut lima dengan panjang mencapai 2 cm.

Tanaman hias daun kol banda ini, selain dijadikan sebagai tanaman hias, daun muda kol banda dapat dijadikan sebagai lalapan dan rasanya seperti lobak. Dikatakan bahwa daun kol banda ini berkhasiat sebagai obat.

Cara Menanam dan Merawat Bunga Kol Banda

Cara Pembibitan Bunga Kol Banda

Pembibitan atau perbanyakan bunga kol banda ini dapat dilakukan dengan cara cangkok atau stek batang. Pilih batang yang bagus, berkayu kuat , berukuran pas dan tidak terserang hama daan penyakit dari tanaman induk. Lalu lakukan pembibitan dengan cara stek atau cangkok.

Cara Menanam Bunga Kol Banda

Sebelum melakukan penanaman, siapkan terlebih dahulu media tanamnya. Media tanam yang perlu disiapkan yaitu berupa tanah, pasir dan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan 1:1:1, lalu ketiga bahan tersebut dicampur hingga merata.

Jika sudah siap, lakukan penanaman segera. Tanam bibit bunga kol banda sedalam 20-30 cm agar perakaran tanaman kuat dan tidak mudah roboh lalu timbun kembali dan padatkan media tanam disekitar bibit agar bibit semakin kuat.

Cara Merawat Bunga Kol Banda

Lakukan penyiraman jika diperlukan saja yaitu saat tanaman mulai terlihat layu dan kering. Lakukan pula pemangkasan dan perampakan dan juga penyiangan jika diperlukan. Selain itu, lakukan pemupukan secara berkala setiap dua bulan sekali.

Demikian artikel pembahasan tentang”Cara Menanam dan Merawat Bunga Kol Banda Sebagai Tanaman Hias Di Rumah Bagi Pemula“, ┬ásemoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti postingan kami berikutnya. Sampai jumpa